Hii…Titik Api Sumatera Kian Menggila, 139 Hotspot!

610 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Titik api kembali mencapai ekstrim di sebahagian wilayah Riau. Selain negeri Lancang Kuning ini, provinsi lainnya di Sumatera juga mulai menjamur titik api hari ini. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) memperingatkan bencana asap akan menimpa hingga negara tetangga.Duh..!

Berdasar data BMG stasiun Pekanbaru, Jumat (16/05) ini, satelit NOAA 18 telah merekam 139 hotspot di Sumatera. 37 titik api diantaranya berada di wilayah provinsi Riau. Seperti di kabupaten Rokan Hulu ada satu titik. Menyusul kabupaten Bengkalis, Pelalawan dan Inderagiri Hilir masing-masing menyumbang 3 titik.

Sedang kabupaten Siak dan Kampar masing-masing juga menambah 4 titik api. Di kabupaten Inderagiri Hulu menyala 6 titik. Kabupaten terbanyak jumlah titik apinya di Riau hari ini adalah Rokan Hilir dengan 13 titik. Sehingga jumlah hotspot di Riau hari ini keseluruhannya sebanyak 37 titik. Dibanding provinsi lain, Riau masih tertinggi hotspotnya hari ini.

Provinsi lain yang punya hotspot adalah Aceh, telah menyala 12 titik api. Di Sumatera Utara ada 8 titik. Menyusul provinsi Sumatera Barat dengan 17 titik. Selanjutnya di provinsi Jambi titik api menggerogoti wilayah ini sebanyak 16 titik. Beralih ke Bengkulu yang menanggung 21 titik. Penderitaan ini juga dialami oleh Sumatera Selatan dengan 12 titik api. Tidak ketinggalan provinsi Lampung juga menyumbang satu hotspot.

Di wilayah Kepulauan, seperti provinsi Bangka Belitung juga menyala titik api sebanyak 5 titik. Di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) malah juga menyala 10 titik api. Sehingga total hotspot di Sumatera hari ini seluruhnya 139 titik.(Surya)

 

Posting Terkait