Helmi Burman: Kembalikan PWI Pada Fungsinya

817 views
PEKANBARU (RiauInfo) – “PWI adalah organisasi profesi yang bertujuan kehidupan Pers Nasional yang merdeka, profesional, bermartabat, dan beradab. Untuk mencapai tujuan ini PWI Cabang Riau harus dikembalikan pada fungsinya, sesuai dengan upaya yang diamanahkan dalam PD/PRT organisasi,” kata Helmi Burman wartawan senior, kemaren.

Menurut mantan Ketua PWI Periode 1999-2001 yang terakhir mengundurkan diri dari jabatannya karena memilih terjun ke dunia politik, menjelang Konfercab PWi Cabang Riau 2012, marwah PWI akan kembali jika pengurus dan anggota berjalan sesuai fungsinya masing-masing.

“Tugas utama PWI sebagai organisasi pembina wartawan harus dikedepankan, sampai saat ini seluruh insan pers masih memperjuangkan kemerdekaan pers. Kemerdekaan yang harus seiring sejalan dengan penghormatan terhadap etika jurnalistik dan kode etik,” jelas Helmi.

Bagi Helmi, kode etik yang saat ini menjadi rambu jurnalistik masih sering diabaikan para wartawan dalam menjalani profesi. Salah satunya hal yang menjadi sorotannya adalah etika konfirmasi, langkah konfirmasi menurutnya wajib dilakukan setiap wartawan.

“Memang pekerjaan wartawan dilindungi UU, namun diluar konteks itu kita harus mampu melindungi diri dengan tetap berpedoman pada kode etik. Setiap saat ancaman itu pasti ada, dalam hal inilah peran PWI untuk terus mengingatkan dan membina anggota untuk konsisten menggunakan rambu utama ini,’ harap Helmi.

Pegurus PWI yang akan dipilih untuk periode berikutnya, Helmi menyarankan untuk menampilkan citra PWI lebih elegan dari saat ini. Citra ini hanya bisa dibentuk pengurus dan anggota, hal yang pernah menjadi jatidiri PWI di msa kepemimpinannya.

“Terus terang, dulu kami tak pernah mendapat bantuan APBD. Namun kami tak pernah henti mengadakan kegiatan, hal ini menjadi tugas pokok pengurus yang bakal terpilih nantinya untuk masuk dalam program kerja,” ingatnya.

Pada Konfercab 2012 mendatang, Helmi menghimbau seluruh anggota pemegang KTA untk berpartisipasi. Konfercab adalah pesta demokrasi seluruh wartawan anggota PWI, sudah menjadi kewajiban bagi semuanya untuk mesukseskannya.(rls)

Posting Terkait