Hasil Karya Pujangga Melayu Dapat Perhatian Khusus dari Tamu Mancanegara

612 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pertemuan ‘Pemartabatkan Tamadun Melayu Serumpun’ yang digelar yayasan Tenas Effendy yang berlangsung di Hotel Aryaduta, Kamis (19/4) cukup menarik untuk disimak. Soalnya dalam pertemuan itu dihadirkan pula hasil dari karya-karya pujangga melayu di masa lalu. 

Yang lebih menariknya, hasil karya tersebut masih terawat dengan baik dan masih bisa dibaca. Berbagai pitua dan rahasia orang melayu yang ada didalam tuliskan berhuruf arab melayu banyak dibaca oleh peserta yang mengikuti acara yang berakhir pada 21 April mendatang.

Tidak hanya peserta yang berasal dari daerah sendiri. Dari negera tetangga Malaysia, Singapura, Thailand dan Brunai Darussalam serta Filifina yang bakal hadiri menjadi nara sumber pada seminar budaya melayu tingkat internasional terlihat juga berdiri sambil melihat dan mengagumi dari dekat karya-karya tersebut.

Panitia sengaja menempatkan posisi karya dari pujangga melayu masa lalu tersebut disisi kanan pintu masuk ke ruangan ball room hotel tersebut. Sebagian dari karya-karya memang sudah agak lusuh, tapi, masih bisa dibaca dengan jelas.

Karya harus dirawat dengan baik agak masih bisa dijadikan bukti kebesaran budaya melayu di mata internasional. Makanya oleh, panitia karya-karya tersebut ‘dibungkus’ dengan baik dan ditempatkan didalam almari kaca dan ada juga sebagian dipajang diatas meja yang ditutupi dengan plastik berwarna jernih agar karya tersebut mudah dibaca.(Ad)

 

Posting Terkait