HARI LINGKUNGAN HIDUP SE DUNIA… KSLH Kumpulkan Tandatangan dan SMS

604 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Puluhan aktifis Kelompok Studi Lingkungan Hidup (KSLH) menggelar aksi solidaritas terhadap penegakan hukum atas masalah konservasi satwa dilindungi, Jumat (5/6/2009) ini di Pekanbaru. Aksi solidaritas tersebut digelar dengan format penggalangan tanda tangan dari berbagai kalangan. Aksi tersebut juga dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia 5 Juni 2009 ini.

Puluhan aktifis KSLH memulai aksi mereka dengan mendatangi kantor DPRD Riau untuk meminta tanda tangan dukungan dari ketua DPRD Riau dan anggota DPRD Riau lainnya. Namun usaha ini tidak menemukan anggota dewan yang dimaksud.

Aksi mereka berlanjut ke bundaran kantor Walikota Pekanbaru. Di tempat ini mereka menebarkan brosur dan mempersilakan kalangan umum untuk membubuhkan tanda tangan ke atas kain kanvas putih sepnajang 50 meter. Menurut aktifis KSLH, aksi ini juga mereka lakukan di sejumlah sekolah di Kota Pekanbaru. Sehingga kain kanvas sepanjang 50 meter untuk tanda tangan juga diusung ke beberapa sekolah. Selain menggalang tanda tangan, KSLH juga mengadakan poling SMS bagi pembela lingkungan hidup.

Dalam selebarannya, KSLH menilai perusakan hutan terus berlanjut di Riau akibat beberapa faktor, seperti pembalakan liar, perburuan, perdagangan dan pemilikan ilegal satwa yang dilindungi, perubahan habitat alami satwa dan terakhir adalah penegakkan hukum belum intensif dilakukan dalam menangani kejahatan lingkungan tersebut.

Selain ke kantor DPRD Riau dan Kantor Walikota Pekanbaru, KSLH juga menggelar aksi mereka ke kantor gubernur Riau. Mereka meminta pihak Perintah Riau juga menanggapi aksi mereka ini dengan komitmen penegakan hukum tentang kejahatan lingkungan.

Selanjutnya puluhan aktifis berkonsentrasi di jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru dan melanjutkan aksi mereka dengan menyebar selebarab dan menggalang tanda tangan dari kalangan umum yang melewati jalan Cut Nyak Dien tersebut.(Surya)

Posting Terkait