Hari Ini, Tiga Daerah di Riau Terbakar

719 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Cuaca cerah kembali dimanfaatkan oleh pelaku pembakaran hutan dan lahan. Sedikitnya 6 provinsi punya nyala titik api di pulau Andalas ini. Selain di provinsi Riau sendiri, provinsi Sumatera Utara, Sumbar, Jambi, Sumsel dan Bengkulu juga menyala hotspotnya hari ini.

Berdasar data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) stasiun Pekanbaru, Sabtu (26/04) pukul 14.00 WIB tadi, laporan satelit NOAA 18 telah merekam 13 nyala titik api di 6 provinsi Sumatera tersebut. Dimana untuk provinsi Riau, nyala titik api tersebar di tiga kabupaten/kota.

Seperti d kabupaten Rokanhilir (Rohil), satelit menangkap 2 kobaran titik api. Begitu juga dengan wilayah kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) yang menambah kobaran 2 titik. Sedang kabupaten Kampar lebih sedikit dibanding dua kabupaten tersebut dengan 1 hotspot saja. Sehingga total jumlah titik api di Negeri Lancang Kuning hari ini sebanyak 5 titik.

Jumlah titik api provinsi lain seperti provinsi Sumut, Sumbar, Sumsel masing-masing menyala 2 titik. Sedang di wilayah Jambi dan Bengkulu juga masing-masing menyumbangkan satu titik api. Sehingga total jumlah titik api di pulau Sumatera hari sebanyak 13 titik. Siap-siap pengap akibat asap…sap..sap..sap!(Surya)

Posting Terkait