Hari Ini Jumlah Titik Api Sumatera Berangsur Turun

PEKANBARU (RiauInfo) – Walau jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan turun di sebahagian wilayah provinsi Sumatera, namun keberadaannya masih terhitung oleh satelit NOAA 18. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) stasiun Pekanbaru melaporkan, Selasa (17/06) ini terdapat 24 hotspot di Sumatera.l

Sebaran titik api tersebut diantaranya di provinsi Riau berada pada kabupaten Pelalawan dan Inderagiri Hilir masing-masing satu titik. Menyusul kabupaten Inderagiri Hulu dengan dua titik api. Sehigga jumlah titik api di Riau hari ini hanya 4 titik.

Sementar itu, provinsi lainnya di Sumatera yang punya ttitk api adalah provinsi Sumatera Utara dengan dua titik, Jambi 9, Bengkulu 3, Sumatera Selatan 6 titik api. Jumlah ini menghasilkan total hotspot Sumatera menjadi 24 titik hari ini.

BMG Masih mengendus penurunn titik api ini akibat peluang hujan yang kembali turun di sejumlah wilayah Sumatera tersebut. Padahal huja hanya bersifat lokal dan sementara dalam waktu yang relatif singkat seperti yang sering melamda wilayah Riau kemarin. Peluang hujan seperti itu juga masih ada hari ini.(Surya)

 

Rizki: