Hari Ini Diperkirakan Jalur Utama Riau-Sumbar Sudah Bisa Dilalui

550 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Setelah sempat putus total sejak usai lebaran lalu akibat amblas, jalur utama Riau-Sumbar mulai Sabtu (25/10) ini sudah bisa dilalui. Ini seriring dengan selesainya pengerjaan pemasangan Jembatan Baley di salah satu sisi ruas jalan yang amblas itu. 

Pemasangan tersebut sebelumnya sempat mengalami ketertundaan karena berbagai penyebab. Namun setelah dilakukan upaya keras memasang jembatan yang bisa dibongkar pasang itu, akhirnya kini sudah mendekati penyelesaikan bahkan direncanakan mulai hari ini sudah bisa dilalui.

“Ya mulai hari ini jalur utama Riau-Sumbar itu sudah bisa dilalui karena pemasangan Jembatan Baley sudah mendekati penyelesaian,” ungkap Kepala Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Riau Drs Ahmad Helmi. Dia menyebutkan jembatan ini hanya bisa dilewati kendaraan kurang dari 8 ton.

Untuk kendaraan yang mempunyai bobot di atas 8 ton, masih tetap diarahkan melalui jalur alternatif Kiliranjao. “Sebab kendaraan berat tidak memungkinkan melalui jembatan ini karena daya dukungnya terbatas,” ungjap dia lagi.

Dia mengatakan, meski jembatan Baley sudah bisa digunakan, namun pengerjaan pengikisan dinding tebing untuk menambah lebar ruas jalan yang amblas itu akan terus dilakukan. Karena itu arus lalu lintas yang melewati jembatan ini akan menggunakan sistem buka tutup.

Untuk tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas, telah disiapkan petugas dari Dihub dan polisi yang bertuga mengatur lalu lintas di beberapa titik. “Kita berharap dengan dibukanya jalur ini, maka arus lalu lintas Riau-Sumbar bisa lancar kembali meskipun belum maksimal,” tambahnya.(ad)



Posting Terkait