Hari-Hati, Ribuan Kantong Darah dari Hasil Donor Tercemar Virus

769 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hari-hati melakukan transfusi darah. Sebab berdasarkan hasil uji saing kantong darah pada Unit Transfusi Daerah Cabang PMI Kota Pekanbaru diketahui sebanyak 1.422 dari 21.634 kantong darah tercemar virus. Ironisnya, 72 kantong tercemar virus HIV, sisanya mengandung virus Hepatitis B, Hepatitis C dan Sypphilis. 

Hal ini menjadi berita utama Pekanbaru Pos edisi Jumat (4/1) ini berjudul “Ribuan Kantong Darah Bervirus”. Mengutip pernyataan Kepala Markas PMI Riau Hendro Ekwarso menyebutkan jika dibandingkan tahun lalu, jumlah kantong darah yang tercemar ini mengalami penurunan.Riau Tribune hari ini berita utamanya tentang dijatuhinya hukuman enam bulan penjara dengan masa percobaan sepuluh bulan terhadap Tri Sialisandra (18) dan Deci (18) oleh PN Pekanbaru. Dalam berita berjudul “Anak Pejabat Dihukum Percobaan” disebutkan putri Wakil Walikota Pekanbaru Erizal Muluk itu terbukti melakukan penganiayaan terhadap tman satu sekolahnya, Chanie Siregar (18).

Sedangkan Pekanbaru MX ari ini berita utamanya tentang dibekuknya seorang oknum TNI-AD berpangkat Serda dan seorang rekannya karens terlibat peredaran Inek. Dalam berita berjudul “Oknum TNI Ngedar Inek, Dibekuk” disebutkan saat ditangkap di kantong celana tersangka ditemukan lima butir ekstasi warna merah jambu.

Kenaikan harga minyak yang sampai menyentuh level 100 dolar AS per barel saat ini sangat memukul para pengusaha di Riau. Ini menjadi berita Tribun Pekanbaru berjudul “Pengusaha Riau Menangis” harian ini mengutip pernyataan Kepala Kimraswil Riau Ir Firdaus MT yang menyebutkan kenaikan harga minyak ini telah membuat kontraktor rugi besar.

Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengaku belum puas dengan jumlah Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang diperoleh Riau pada tahun 2008 sebesar Rp5,737 triliun. Hal ini menjadi berita utama Riau Mandiri hari ini berjudul “Gubri Belum Puas DIPA Rp5,7 T“. Disini disebutkan Gubri menilai masih ada potensi-potensi daerah yang belum mendapat perhatian proporsional.

Sementara itu Metro Riau dalam berita utamanya menyebutkan anggota DPR RI asal Riau Fachruddin menyesalkan target DIPA Riau 2008 sebesar Rp24 triliun yang tak tercapai. Jika seluruh anggota DPR RI asal Riau dilibatkan memperjuangkannya, mungkin DPA Riau akan lebih dari angka Rp5,737 triliun itu. Berita tersebut berjudul “DPR Protes tak Dilibatkan“.

Media Riau dalam berita utamanya berjudul “Secara Defacto Rusli Zainal Cagubri Golkar” mengungkapkan pernyataan Wakil Ketua DPD I Golkar Riau, Zulfan Heri yang mengatakan secara defacto Rusli Zainal sudah merupakan cagubri dari Golkar. Namun karena sampai saat ini ditentukan melalui mekanisme maka secara dejure belum.

Sedangkan Riau Pos hari ini mengangkat berita berjudul “KPK Tunjukkan ‘Taring’“, sebagai headlinenya. Dalam berita ini disebutkan setelah sempat diragukan pengamat, awal Januari ini KPK menunjukkan taringnya dengan menahan Walikota Medan Abdillah dan menjemput paksa Wakil Walikota Ramli Lubis karena terbibat kasus korupsi.(Ad)

Posting Terkait