Harga TBS Sawit Naik

815 views

Pekanbaru – Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit naik. Petani sawit maupun perusahaan perkebunan sawit sepakat harga TBS untuk 10 hari ke depan adalah Rp 950 per kg. Harga in lebih tinggi dari harga sebelumnya Rp875 perkilogram. Berarti naik Rp 75,- per kg.


Kasubdin Sawit Dinas Perkebunan Riau, Hanafi kepada wartawan Selasa (12/12) mengatakan harga ini nilai tertinggi sepanjang sejarah persawitan di Riau. ”Harga TBS sawit diperkirakan akan terus naik hingga pertengahan Januari 2007 mendatang. Setelah itu diperkirakan stabil,” jelas Hanafi.
Hanafi menambahkan sebelumnya sempat terjadi konjungtur harga yang cukup signifikan. Harga TBS dari Rp 800-an pernah jatuh mencapai Rp 300-400 an per kg. Kejatuhan harga ini disebabkan pengaruh ketidakstabilan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. Harga TBS sawit berfluktuasi sesuai dengan fluktuatif nilai tukar rupiah terhadap USD.

Menurut Hanafi harga TBS kali ini dipengaruhi tingkat kebutuhan pasar Eropa terhadap CPO meningkat. Sementara pasokan Crude Palm Oil (CPO) Malaysia saat ini sudah mampu ditandingi produksi Indonesia. Alhasil permintaan CPO pasar Eropa terhadap CPO dari Indonesia meningkat. Dengan demikian Hanafi memprediksi kalau terjadi penurunan harga TBS, tidak akan mengalami penurunan drastis.***

Posting Terkait