Harga TBS Sawit Mulai Membaik

596 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Setelah sempat anjlok, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Riau mulai menunjukkan kenaikan akhir-akhir ini. Bahkan di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, TBS sawit mengalami kenaikan dari Rp 850 menjadi Rp900 per kilogram dibanding pekan lalu.

Keterangan yang dihimpun RiauInfo, Selasa (22/12) diketahui kenaikan harga sawit itu dipicu oleh naiknya harga CPO di pasar dunia. Diperkirakan untuk beberapa pekan mendatang harga TBS sawit akan terus mengalami peningkatan.

Kenaikan harga TBS ini disambut gembira oleh petani kebun kelapa sawit di Inhil. Mereka malah berharap kenaikan tersebut akan terus terjadi sampai harganya nanti Rp1.000 per kilogram. “Kami berharap harga sawit terus naik,” ungkap Usman, salah seorang petani.

Kepala Dinas Perkebunan Inhil, Ir H Kuswari MP mengatakan, kenaikan harga TBS sepenuhnya didasarkan pada harga pasar. Menurut dia, pihaknya tidak bisa mempengaruhi harga TBS yang berlaku di kangan umum. Sepenuhnya tergantung pada harga pasar.

Hanya saja dia menghimbau para petani untuk tetap memelihara kebut sawitnya sebaik-baiknya, karena di optimis harga sawit di masa-masa mendatang akan terus membaik. “Para petani sebaiknya pelihara kebunnya dengan baik, karena komoditi ini berpeluang punya pasar yang bagus,” tambahnya.(ad)

Posting Terkait