Harga TBS Riau Pekan Depan Kembali Naik

627 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Ini merupakan berita mengembirakan bagi petani sawit di Riau. Sebab pekan depan atau periode 11-17 Desember 2013 harga tandan buah segar (TBS) Riau mengalami kenaikan yang lumayan besar yakni dari sebelumnya Rp1.927,29 per kilogram menjadi Rp 1.945,84 per kilogram.

Sekretaris Tim Pelaksana Kasi Pembinaan Mutu Pengelolaan Hasil Perkebunan Dinas Perkebunan Riau, Ir Ermalina MM, Rabu (11/12) di Pekanbaru mengatakan, kenaikan ini terjadi antara lain karena naiknya harga CPO dan karnel dari perusahaan-perusahaan.

Menurut dia, setiap terjadinya kenaikan harga CPO akibat meningkatnya permintaan, dipastikan harga TBS sawit akan mengalami kenaikan pula. “Karena itu kita selalu berharap harga CPO ini sering mengalami kenaikan,” ungkapnya.

Untuk harga CPO sendiri untuk sepekan mendatang telah ditetapkan sebesar Rp8.835,73 per kilogram, sebelumnya masih berkisar Rp8.531,54 per kilogram. Lalu untuk harga Kernel yang sebelumnya Rp5.094,47, kini sudah menjadi Rp5.212,82 per kilogram.

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan Riau, Drs Zulher MS mengatakan bisnis kelapa sawit di Riau masih memiliki prospek cerah. Sebab tahun depan harga sawit masih stabil bahkan menunjukkan tren kenaikan. Karena itu bisnis sawit ini akan diminati banyak pihak untuk mengelolanya.

Apalagi Presiden RI telah menganjurkan pemerintah agar dapat lebih mengoptimalkan minyak nabati, mengingat terjadi devisit terhadap devisa migas di Indonesia. “Ini tentunya akan berdampak baik bagi usaha kelapa sawit di Riau,” ujarnya.

Disebutkannya, saat ini secara nasional sawit Riau menempati posisi teratas dengan luas mencapai 2,2 juta hektar atau 25 persen dari total luas perkebunan sawit di Indonesia. Sedangkan produksi CPO Riau mencapai 7.045.632 ton dan Pabrik Kerjasama Operasional (PKO) tercatat 1.761.408 ton.(ad)

Posting Terkait