Harga Material Bangunan Tak Terpengaruh Penurunan Harga BBM

PEKANBARU (RiauInfo) – Meski harga BBM sudah turun sebanyak dua kali, namun sama sekali tidak mempengaruhi harga material bangunan di Pekanbaru. Harga material bangunan sampai saat ini tetap masih belum stabil, terkadang turun dan terkadang naik.

Bahkan beberapa hari ini harga material bangunan cenderung mengalami kenaikan, kecuali batu bata yang sudah turun sejak sebulan terakhir ini. Untuk harga semen Padang yang sepekan lalu masih Rp53 ribu perzak, kini sudah mengalami kenaikan menjadi Rp57 ribu per zak.Harga besi juga mengalami kenaikan. Misalnya untuk besi ukuran 10 yang biasanya Rp35 ribu sebatang kini sudah naik menjadi Rp37 ribu. Begitu pula triplek ukuran 4 milimeter yang biasanya masih Rp48 ribu perlembar, kini harganya sudah Rp50 ribu perlembar.

Razak, salah seorang pemilik toko material bangunan di Jalan Hangtuah Pekanbaru mengaku belum stabilnya harga material bangunan ini. “Kadang harganya naik dan kadang turun. Sampai saat ini harganya masih belum stabil,” ungkap kepada RiauInfo, Selasa (30/12).

Selain harganya tidak stabil, Razak mengatakan, pembelinya juga semakin menurun. Kondisi ini sudah dirasakannya sejak beberapa bulan terakhir ini. “Mungkin kondisi krisis global, minat orang untuk membangun rumah menjadi menurun,” tambahnya lagi.(Ad)

 

Rizki: