Harga Emas di Pasaran Mulai Turun Tipis

608 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Setelah beberapa waktu lalu harga emas di pasaran Pekanbaru melonjak tajam, dalam sepekan ini sudah mulai turun. Hanya saja turunnya harga emas tersebut sangat tipis, sehingga jadi pesimis harganya bisa kembali seperti semula.


Berdasarkan pemantauan yang dilakukan RiauInfo, Senin (28/5) di sejumlayh toko emas di Pekanbaru diketahui harga emas sudah turun sekitar Rp10 ribu sampai Rp20 ribu/emas. Bila sebelmnya harga emas sampai Rp490 ribu/emas, kini ada toko emas menjualnya dengan harga Rp470 ribu/emas.

Menurut sejumlah pemilik toko emas, penurunan itu disebabkan harga emas dunia juga mengalamipenurunan. “Selama ini harga emas di Indonesia dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, dan harga minyak dunia,” ungkap Buyung (43) pedagang emas di Pasar Sukaramai.

Jadi kenaikan harga emas bukannya ditentukan oleh para pedagang, tapi banyak faktor yang menjadi penyebabnya. “Selama ini pembeli selalu menuduh pedagang yang sengaja menaikkan harga emas untuk mendapatkan untung besar. Semua tuduhan itu sebenarnya salah besar,” tambahnya.

Dia sendiri berharap harga emas nantinya bisa terus turun, sehingga pembeli emas di kota ini menjadi bertambah. “Seandainya pembeli emas bertambah, kondisi ini yang sangat kami harapkan, karena dengan demikian emas kami terjual dan keuntungan kami jadi bertambah,” jelasnya.(Ad)



Posting Terkait