Harga Ayam Potong di Pekanbaru Mulai Normal

647 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Setelah harga ayam potong di Pekanbaru sempat melambung hingga Rp20 ribu perkilogram, kini harganya sudah mulai kembali normal. Saat ini di tingkat pengecer harga ayam potong dijual antara Rp14.000 hingga Rp15.000 perkilogram

Berdasarkan informasi yang diterima RiauInfo, Sabtu (4/8) di kalangan penernak di Pekanbaru, diketahui mulai normalnya harga ayam potong ini disebabkan para peternak sudah mulai bergairah beternak ayam.

Sebelumnya para peternak sengaja menyetop produksi ayam potongnya karena khawatir harga ayam potong di pasaran anjlok sehubungan memasuki tahun ajaran baru. “Biasanya setiap memasuki tahun ajaran baru harga ayam memang selalu anjlok,” ungkap Iman (41) salah seorang peternak.

Selain itu, dalam bulan-bulan ini Pekanbaru sedang mewabah penyakit flu burung, sehingga diperkirakan masyarakat akan takut mengkonsumsi ayam. “Ternyata semua prakiraan itu meleset, harga ayam justru sempat melambung tinggi,” jelasnya.

Berkaitan hal itu, menurut Iman, para peternak kembali mengisi kandangnya dengan ayam. Saat ini ayam-ayam tersebut sudah siap dilemparkan ke pasaran. “Karena itulah harga ayam saat ini mulai normal kembali,” ungkapnya.

Dia mengatakan, jika nantinya banyak peternak panen ayam potong panen, dipastikan harga ayam akan terus turun sampai ke tingkat Rp13.000 perkilogram. “Tapi saya tidak bisa memastikannya, karena situasi sebenarnya belum saya ketahui,” tambah dia lagi.(Ad)



Posting Terkait