HANYA SATU TITIK API… Karhutla Bertahan di Kabupaten Bengkalis

554 views

PEKANARU (RiauInfo) – Kebakran hutan dan lahan (karhutla) masih bertahan di satu Kabupaten Provinsi Riau, Senin (20/04/2009) ini. Kabupaten Bengkalis menjadi satu-satunya daerah yang mengalami kebnakran hutan dan lahan tersebut. Sementara, cuaca cerah dan temperatur tinggi masih mewarnai Riau hari ini.

Berdasar data satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru melaporkan, hanya satu titik api di yang menyala satu-satunya di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau hari ini.

Keadaan itu sedikit menggembirakan dibanding dua hari silam yang mencapai belasan titik Karhutla di Riau. Padahal, temepartur udara mencapai 34 Derjat Celsius dan cuaca cerah di Riau siang hingga sore tadi. Namun BMKG menilai agar waspada terhadap pertumbuhan karhutla jika cuaca cerah dalam dua hari ke depan.

Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Marzuki mengatakan, cuaca Riau saat ini mulai berkurang intensitas hujannya. Keadaan itu akibat adanya gangguan cuaca yang mencegah pertumbuhan awan di udara Riau. Sehingga kecenderungan pertumbuhan titik api perlu diwaspadai.(Surya)

Posting Terkait