Hampir Separuh Guru di Riau Belum Sarjana

605 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hampir separuh guru yang bertugas di Riau belum memiliki kualifikasi pendidikan S1 atau sarjana. Dari 93 ribu guru yang ada di Riau, yang telah memiliki kualifikasi pendidikan sarjana baru sebanyak 53 ribu.

Ketua PGRI Riau Drs H Isjoni MSi mengatakan sesuai UU Guru dan Dosen, diwajibkan seluruh guru yang mengajar di sekolah dasar dan menengah berpendidikan minimal S1. Karena itu Riau harus memacu para gurunya untuk segera menyelesaikan pendidikan S1-nya.

Dia menyebutkan, sebenarnya tidak hanya Riau saja yang belum terpenuhi kualifikasi pendidikan S1. Untuk Indonesia saja, dari 2,8 juta guru, jumlah guru yang belum memenuhi kualifikasi S1 masih sebanyak 1,7 juta orang. “Jumlahnya masih banyak,” ungkapnya.

Untuk mempercepat agar seluruh guru di Riau segera memenuhi kualfikasi pendidikan S1, makanya perlu diadakan program S1 kependidikan bagi guru dalam jabatan. Hal ini merupakan solusi yang tgepat, karena para guru akan memiliki kesempatan lebih luas untuk mendapatkan S1 tanpa mengganggu tugasnya.(ad)

Posting Terkait