Hampir Semua Kabupaten/Kota Menyatakan Siap Melaksanakan

613 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dalam waktu dekat ini pembuatan kebun K2I Pemprov Riau akan terealisasi karena Dinas Perkebunan Riau saat ini sedang melakukan berbagai persiapan untuk pembuatan kebun tersebut. Hal ini didukung pula oleh banyaknya kabupaten/kota menyatakan kesiapan untuk penempatan kebun itu di wilayahnya. 

Kepala Dinas Perkebunan Riau, Ir Syuhada Tasman dalam keterangannya Kamis (8/2) di Pekanbaru membenarkan bahwa sudah hampir seluruh kabupaten/kota menyatakan siap untuk melaksanakan program kebun K2I tersebut.

Makanya dia berkeyakinan kuat kebun K2I yang dilaksanakan secara multiyears tersebut akan dapat terlaksana dalam waktu dekat ini. “Melihat banyaknya kabupaten/kota mendukung program ini, maka saya yakin kebun K2I akan terlaksana,” jelasnya.

Saat ini, menurut dia, melalui dana yang dianggarkan dalam APBD 2007 telah disiapkan sebesar Rp2 miliar untuk pembibitannya. Pembibitan dilakukan di beberapa tempat yakni Bengkalis yakni di Sepahat dan Duri, lalu Inhu, dan Pelalawan.

Untuk pembibitan yang dilakukan dalam tahun anggaran 2007 ini dananya melebihi Rp2 miliar. Ini masih ditambah dengan pembersihan lahan atau land clearing sebesar Rp1 miliar, sehingga totalnya mencapai sekitar Rp3 miliar lebih.

Untuk sekarang ini, pihak Disbun Provinsi Riau sedang melakukan koordinasi dengan pihak kabupaten dan kota untuk proses pemantapan lahan. Hal ini diperlukan agar lahan yang dipergunakan untuk kebun K2I itu nantinya benar-benar dapat diterapkan di daerah yang dituju dan tepat sasaran.

Dia menyebutkan, tim Disbun Riau yang terkait proyek Kebun K2I ini sudah turun ke daerah, sehingga lokasi lahan tidak bergeser lagi. “Dan tentunya pihak kabupaten/kota dapat merancang masyarakat mana yang akan mendapatkannya,” ujarnya.

Selain melakukan proses persiapan untuk pembukaan kebun K2I di kabupaten/kota, saat ini Disbun Riau juga tengah melakukan penerusan program K2I dalam bentuk lain. Pihaknya tengah melakukan pembinaan potensi yang dimiliki daerah, yakni di Kabupaten Inhil dan Bengkalis seperti sagu.(Ad)

 

Posting Terkait