HADAPI PON 2012 Pemprov Perkirakan Telan Dana Rp1,5 Triliun

551 views

Pekanbaru – Menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII tahun 2012 mendatang di Riau, Gubernur HM Rusli Zainal mengatakan, estimasi sementara untuk pembangunan fisik, pembinaan atlet dan penyelenggaraan PON) itu mencapai Rp1,5 triliun.


“Saat ini Pemprov Riau sedang menyusun ‘grand scenario’ penyelenggaraan PON untuk menganalisa berbagai kebutuhan yang diperlukan baik kebutuhan fisik maupun non fisik,” kata Gubernur dalam dalam sidang paripurna jawaban pemerintah atas pandangan umum anggota DPRD Riau terhadap nota keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau di Pekanbaru, Senin (18/12).

Ia mengatakan, mengingat besarnya kebutuhan dana tersebut dan sulit untuk dianggarkan dalam satu atau dua tahun anggaran, maka Pemprov Riau mulai mempersiapkan kebutuhan dana tersebut melalui dana cadangan APBD Riau yang sejak tahun 2006 dialokasikan sebesar Rp150 miliar.

“Sedangkan pada 2007 kita mengusulkan kembali sebesar Rp100 miliar dan begitu pula tahun-tahun berikutnya,” tuturnya

Diharapkan, tambah gubernur, dana cadangan tersebut akan dapat mendukung persiapan penyelenggaraan PON XVIII 2012 di Riau, disamping tentunya akan ada pendaan dari pemerintah pusat.

Adapun pengalokasian dana dalam persiapan PON tersebut pada Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) dan Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) sebesar Rp80 miliar pada hakekatnya merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari persiapan penyelenggaraan PON ke XVIII terutama untuk pembangunan venues.

Posting Terkait