HA Rahman D Terpilih Sebagai Ketua

BENGKALIS (RiauInfo) – Proses pemilihan anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Bengkalis telah berakhir. Hal ini menyusul telah diserahkannya Surat Keputusan (SK) pengangkatan terhadap tujuh anggota KPAID oleh Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah H Sulaiman Zakaria.

Penyerahkan SK yang dilaksanakan di ruang Sekretaris Daerah, Rabu (24/10) kemarin di kantor bupati Bengkalis. Saat ini, ketujuh anggota terpilih tersebut, tengah menunggu saat untuk segera dilantik.

Sebagaimana diketahui, sejak Agustus lalu, sebanyak delapan nama sudah disetujui dan diajukan DPRD Bengkalis kepada bupati untuk dilakukan proses pemilihan berikutnya, yakni memilih tujuh anggota yang dinilai layak. 

“Alhamdulillah, dari delapan nama yang sudah diajukan DPRD kepada bupati melalui Sekda, tujuh diantaranya dapat disetujui sebagai anggota KPAID priode 2007-2010,” kata Ketua Tim Seleksi KPAID yang juga Asisten III Setdakab Bengkalis H Arianto, seraya mengatakan jika dari hasil sidang pleno anggota KPAID yang dilakukan Selasa (23/10) kemarin, HA Rahman D dari unsur tokoh masyarakat/agama, telah terpilih sebagai Ketua KPAID Bengkalis.

Menempati posisi Wakil Ketua lanjutnya, dijabat Haryono (unsur PNS). Kemudian Sekretaris Khairul Saleh SH (LSM/Kelompok Peduli Anak), Alhamidi (Pers) selaku Ketua Pokja Sosialaisi dan Advokasi. Kemudian, Asri Alam Kurniawan (pengusaha/swasta) selaku Ketua Pokja Pengaduan dan Fasilitas Pelayanan, Helvina Ramayanti SST (Ormas) selaku Ketua Pokja Pengembangan Kerjasama dan Kemitraan. Serta Beni Syahputra (akademik) Ketua Pokja Pemantauan, Evaluasi Pelaporan dan Pengkajian.

Penyerahan SK pengangkatan ketujuh anggota KPAID tersebut, disampaikan langsung oleh Sulaiman Zakaria kepada tujuh anggota terpilih. Penyerahan SK tersebut, juga turut disaksikan Ketua Tim Seleksi serta beberapa anggota lainnya, dan Kepala Bagian Humas Johansyah Syafri. 

Sebelum SK yang sudah ditandatangani bupati Bengkalis itu diserahkannya, Sulaiman Zakaria menegaskan, bahwa semenjak awal proses perseleksian calon anggota KPAID, prosesnya berjalan dengan baik dan benar-benar bersih. Sulaiman juga mengatakan jika kedepan peranan KPAID akan sangat penting dan diperlukan sekali, hal ini mengingat perlindungan anak merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan hari kehidupan sosial. 

“Terhadap kasus-kasus pelanggaran dan pelecehan terhadap hak-hak anak, kita mengharapkan KPAID yang telah terbentuk ini dapat mencegahnya,” kata Sulaiman. Kemudian, Sulaiman juga menegaskan, jika pihaknya saat ini sedang menyusun anggaran APBD 2008. Untuk itu dia mengharapkan agar kegiatan-kegiatan yang bakal dilakukan KPAID mendatang, hendaknya segera diprogram dan diajukan nilai anggarannya, sehingga nantinya dapat dialokasikan dari dana APBD.

Sementara itu Ketua KPAID terpilih HA Rahman D dalam sambutan singkatnya mengatakan, setelah terbentuknya KPAID Bengkalis ini, pihaknya akan segera menyusun berbagai program, termasuk akan melakukan perkenalan kepada masyarakat luas tentang keberadaan lembaga tersebut. 

Dikatakan mantan Kakandepag Bengkalis ini, Insya Allah dalam waktu dekat ini, kita akan melakukan perkenalan dan sosialisasi tentang keberadaan KPAID kepada masyarakat serta instansi-instansi terkait lainnya. 

“Kami selaku pemegang amanah ini, akan siap bekerja semaksimal mungkin dan sepakat menjaga nama baik Kabupaten Bengkalis, terutama didalam mengemban amanah sebagaimana yang dituangkan dalam UU No 23/2002, yakni mengenai perlindungan anak, khususnya di Kabupaten Bengkalis ini,” kata Rahman D. (Tony/rls)

Rizki: