Gubri Terima “Regional Champions” dari BKPM

532 views
 Para gubernur yang menerima penghargaan berfoto bersama dengan Mendagri dan Kepala BKPM

Para gubernur yang menerima penghargaan berfoto bersama dengan Mendagri dan Kepala BKPM

JAKARTA (RiauInfo) – Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal SE MP menerima penghargaan Regional Champions dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Penghargaan diserahkan Mendagri Gamawan Fauzi dan disaksikan Kepala BKPM Gita Wirjawan, di Gedung BKPM, Jakarta, Kamis (18/2).

Gubri menerima penghargaan tersebut karena Riau termasuk salah satu provinsi yang dianggap paling siap untuk investasi. Dari 33 provinsi, BKPM memilih 7 provinsi yang dianggap paling siap untuk investasi. Selain Riau, juga Sumsel, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, NTB dan Papua.

Namun Riau dianggap paling siap mengingat potensi Riau yang luar biasa, selain urusan birokrasi terkait investasi yang tidak lagi rumit. “Industri hulu kita sudah luar biasa. Tinggal bagaimana mengembangkan industri hilirnya, sehingga bisa memberikan value added (nilai tambah) kepada ekonomi masyarakat,” ucap Gubri kepada pers usai menerima penghargaan.

Gubri menyebut contoh betapa luasnya kebun kelapa sawit di Riau. Namun sayangnya belum dikembangkan industri hilirnya. “Ada sekitar 140-an pabrik kelapa sawit di Riau, tapi yang mengembangkan produk turunannya belum ada. Kita masih jual gelondongan. Betapa ruginya kita. Justru yang menikmati keuntungannya negara lain dengan mengolahnya menjadi berbagai hal, seperti sabun, kosmetik dan lainnya,” terang Gubri memberi contoh.

Oleh karena itulah, Gubri berharap dukungan dari pemerintah pusat, terutama BKPM agar Riau benar-benar menjadi surga bagi investor. “Riau itu luar biasa. Letaknya sangat strategis. Potensinya sangat besar. Kenapa kita tidak sama-sama mengembangkan itu semua. Yang akan diuntungkan tentu bangsa ini,” ucap pria yang murah senyum itu.

Pada kesempatan itu, Gubri juga berharap agar BKPM mendukung rencana pembangunan kereta api di Riau. Gubri menyerahkan berbagai data yang diperlukan kepada Ketua BKPM. Gubri berharap BKPM turut membantu mencarikan investor dan mendukung pembangunan kereta api itu.

Dalam pada itu, Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan bahwa 7 daerah yang terpilih sebagai daerah yang siap untuk investasi, harus benar-benar menjadi mitra BKPM. “BKPM harus selalu koordinasi dengan 7 provinsi ini. Jangan sia-siakan potensi yang ada di sana,” pesan Mendagri seraya menyebut bahwa kemajuan pembangunan itu 60 persen ditentukan oleh pihak swasta, pemerintah hanya 40 persen.

Ketua BKPM Gita mengatakan bahwa 7 provinsi ini akan menjadi prioritas bagi BKPM untuk dipromosikan. BKPM akan membantu 7 provinsi ini untuk menawarkan berbagai peluang investasi yang menjadi keunggulan masing-masing daerah. “Kita akan bantu dan kita akan dorong provinsi lain yang belum siap sebagaimana 7 provinsi ini,” ucapnya.(ad)

Posting Terkait