Gubri Minta Penurunan Tingkat Kelulusan UN SLTA Dievaluasi

618 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Gubernur Riau HM Rusli Zainal merasa prihatin dengan rendahnya tingkat kelulusan Ujian Nasional untuk siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) tahun 2010 ini. Tahun ini tingkat ketidaklulusan UN SLTA di Riau mencapai 6,03 persen, padahal tahun lalu hanya 2,3 persen.


Untuk itu Rusli meminta Dinas Pendidikan untuk melakukan evaluasi dan mencari penyebab kenapa terjadinya penurunan tingkat kelulusan ini. Apakah letaknya pada kualitas belajar, pada kurikulum ataukah sistem pendidikan. Ini yang harus dievaluasi.

“Perlu diteliti dan dicarikan penyebab penurunan tingkat kelulusan ujian nasional tahun ini untuk tingkat SLTA.” ungkap Rusli Zainal. Letak kesalahan yang menyebabkan penurunan ini perlu diketahui agar bisa menjadi pelajaran di tahun-tahun mendatang.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Riau, Prof Dr Irwan Efendi mengatakan secara persentase memang terjadi penurunan angka kelulusan. Namun secara jumlah siswa angkanya justru meningkat. “Ini disebabkan adanya peningkatan jumlah siswa peserta UN sekitar tiga persen tiap tahunnya.

Irwan menyebutkan pihaknya akan mengumumkan sekolah terbaik dan juga sekolah terburuk tingkat kelulusan. “Sekolah yang hasilnya baik akan kita umumkan hari ini, sekolah yang hasilnya jelek juga akan diumumkan. Tidak apa-apa kita umumkan saja,” ungkapnya.(ad)

Posting Terkait