Gubri Kagum pada Kemampuan Teknologi Chevron

654 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Gubernur Riau HM Rusli Zainal menyatakan kekagumannya terhadap teknologi yang digunakan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) dalam beroperasi mengekploitasi minyak. Teknologi yang dikaguminya itu adalah injeksi uap yang merupakan teknologi baru di bidang perminyakan.

Kekagumannya itu disampaikannya pada acara Peringatan Pencapaian Produksi Komulatif Minyak Mentah CPI Sebesar 11 Barel, Selasa (11/2) di Minas, Kabupaten Siak. Acara ini dihadiri Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro dan Kepala Badan Palaksana Kegiatan Hulu Migas R Priono.

Dalam kesempatan itu Rusli Zainal mengatakan yang lebih menganggumkan lagi teknologi injeksi uap ini dioperasilkan oleh putera-putri bangsa ini. Kemudian keberhasilan CPI dalam menggunakan teknologi tersebut menjadikan CPI sebagai kiblat dunia dalam mengelola ladang minyak dengan menggunakan teknologi injeksi uap.

Menurut Rusli, dengan penerapan teknologi ini, penurunan produksi dari sumur-sumur tua dapat dipertahankan secara signifikan, sehinga sampai sekarang CPI masih dapat mempertahankan produksinya di kisaran 400 ribu barel per hari atau sekitar 40 persen produksi nasional.

Pada kesempatan ini pula Rusli Zainal berharap Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro dan pihak PT CPI bersedia membantu Riau dalam memenuhi kebutuhan energi listrik yang sampai saat ini masih kurang. Apalagi tidak lama lagi Riau akan menjadi tuan rumah PON ke-XVIII pada tahun 2012.(ad)

 

 

Posting Terkait