Gubri Hadiri HUT Ke 5 PRBF dan Anugerah Baiduri 2012

PEKANBARU (RiauInfo) – Gubernur Riau H M Rusli Zainal Pada sambutannya mengatakan, dengan adanya penghargaan ini, sekaligus membuktikan bahwa perempuan bisa berbuat dan menginginkan perempuan diberikan kesempatan yang sama bahkan dalam pemerintahan dan politik.


“Semoga mendorong perempuan di Riau berbuat lebih baik lagi,” tegasnya. Pada HUT Ke 5 PRBF dan penganugerahan Baiduri 2012 ini, turut dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar dan beberapa mantan menteri pemberdayaan perempuan, seperti Meutia Hatta dan Sri Rejeki. serta putera putri mantan menteri pemberdayaan perempuan.

Para penerima Anugerah Baiduri 2012 yaitu Michiko (16), remaja putri berprestasi ini mendapatkan penghargaan dalam bidang seni dan budaya dalam tajuk cerpen dan puisi. Siswi SMA Negeri 1 Pekanbaru ini mengaku bangga dengan penghargaan yang diraihnya. “Siapapun bisa berprestasi, yang penting jangan menyerah dan mudah putus asa,” katanya.

Dalam pergelaran kali ini, penghargaan perempuan pertama dalam bidangnya diberikan kepada Roswita Kaharudin sebagai Direktur Bank Riau pertama. Sedangkan perempuan berprestasi dalam bidang seni budaya diberikan kepada Endrawati Razak yang berkarya dalam pantun, cerpen dan film.

Ketua Pusat Data dan Informasi Perempuan Riau (Pusdatin Puanri) Septina Primawati Rusli di sela acara itu mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Perempuan Riau Bangkit Foundation (PRBF) ini sebagai wujud apresiasi terhadap perempuan.

“Kita harus menghargai perempuan yang berprestasi, berkarya dan berdedikasi,” katanya. Untuk bidang olahraga diberikan kepada Melani Putri sebagai atlet renang tuna grahita dan Lilik Endang sebagai atlet peralayang yang juga turun saat Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII lalu.

Pada bidang pendidikan diberikan kepada Christine, kemudian Rahimah meraih penghargaan dalam bidang wirausaha. Selain itu, juga ada penghargaan bidang kesehatan yang diraih oleh Rosmiati, seorang bidan di Kabupaten Indragiri Hilir.

Kemudian untuk kategori perempuan berkarya diberikan kepada Rovanita, pelopor sekolah anak mandiri dan perempuan berprestasi lainnya diberikan kepada Diang.

Sedangkan pengahargaan khusus, yakni Penerima Anugerah Sabitha diberikan kepada Hj Maheransyah (Alm) dan penghargaan perempuan serumpun diberikan kepada Walikota Tanjung Pinang, Dra Hj Suryati A Manan.

Sedangkan Kab Inhil Menerima Penghargaan Kab/Kota Menuju Kesejahteraan Gender diterima oleh Wakil Bupati Kab Inhil.(ad/rls)

Rizki: