Gubri Canangkan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

775 views

Pekanbaru – Gubernur Riau HM.Rusli Zainal,SE, Rabu (17/01) mencanangkan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tingkat Provinsi Riau tahun 2007. Pencanangan itu dilakukan pada apel tujuh belas hari bulan sekaligus Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, di halaman kantor gubernur Riau. 

Gubernur Riau kesempatan itu membacakan sambutan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI mengatakan; tenaga kerja mempunyai peranan penting dan strategis dalam konteks perkembangan serta pertumbuhan bangsa. Sebab, semua perusahaan yang bergerak di sektor industri menuntut efisiensi dan peningkatan produktivitas, agar mampu bersaing di pasar bebas.

“Untuk mencapai kondisi ideal itu dapat dicapai melalui penerapan iptek dan didukung tenaga kerja yang andal serta profesional. Kami berharap instansi terkait dan perusahaan dapat membantu meningkatkan profesionalitas para pekerja,” ungkap Menteri.

Untuk itu, kata Menakertrans, K3 perlu sekali di berdayakan melalui adanya dukungan dari instansi terkait khususnya kepala daerah seperti Gubernur, Bupati dan Walikota, karena tanpa peran mereka program K3 mustahil akan tecapai.

Lebih lanjut Menakertrans mengatakan, selain itu kemandirian perusahaan dalam meningkatkan pelaksanaan K3 untuk menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, sehat dan produktif menuju nihil kecelakaan dan penyakit akibat kerja dapat terwujud.

Selain itu perlu adanya peningkatan kesadaran dan prilaku masyarakat untuk melaksanakan K3 terutama dalam menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) disetiap tempat kerja sebagai sistem yang terintegrasi dalam manajemen perusahaan.

Upacara pencanangan bulan keselamatan dan kesehatan kerja tingkat Provinsi Riau tahun 2007, juga ditandai dengan penyerahan beasiswa dan santunan kepada 260 anggota yang tergabung dalam PT.Jamsostek Provinsi Riau. Diserahkan langsung secara simbolis oleg gubernur Riau.

 

Posting Terkait