Gubri Akan Buka Simposium Nasional Avian Flu Pada Anak

664 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kalau tak ada aral melintang, Senin (13/8) di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP akan membuka Simposium Nasional Avian Flu, Asap dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Anak. Simposium ini ditaja Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Riau bekerjasama dengan FK-Unri bersempena dengan HUT Emas Riau.

Kepastian membuka itu disampaikan Gubri saat menerima Ketua Panitia dr Elmi Ridar SpA, Ketua IDAI Cabang Riau dr Riswandi SpA dan Kadis Kesehatan Riau dr H Taswin Yakob di ruang kerjanya, Rabu (8/8).

“Memang kita sedang banyak tamu dan acara. Tapi, untuk simposium ini, insyaallah saya akan membukanya langsung,” kata Rusli Zainal sembari minta Taswin menyiapkan materi yang diperlukan. Sebab, kalau punya banyak waktu, Gubri juga akan tampil sebagai sebagai keynote speaker.

Kepada Gubri ketiganya melaporkan perkembangan persiapan teknis terakhir. Menurut dr Elmi Ridar, simposium akan diikuti 400 peserta, terdiri dari dokter spesialis anak, dokter spesialis lainnya, dokter umum, paramedis anak, mahasiswa Fakultas Kedokteran, dan peminat berkompeten lainnya.

Menurut dr Elmi, tiga dokter ahli dari Jakarta dan Bandung akan membahas tentang Avian Flu, yakni Dr Djatnika Setiabudi SpA(K) membahas Pendekatan Diagnostik Flu Burung pada Anak, Dr Darmawan BS SpA(K) mendedah Tatalaksana Umum Flu Burung, dan Dr Dadang HS SpA(K) mengupas Tatalaksana Avian Flu di ICU.

Tiga pakar lainnya akan mengungkap dampak asap terhadap saluran pernafasan, masing-masing Dr Nastiti Kaswandani SpA (Mekanisme Pertahanan dari Sistem Respiratorik), Dr Antonius H Pudjiadi SpA(K) menguliti perihal Smoke Inhalation, dan Dr Ridwan M Daulay SpA(K) mengupas Pengaruh Asap Terhadap Saluran Nafas.

Sementara pembicara lokal yang tampil adalah dr Harry mangunsong SpA (Brain Development) dan Kadisnak Riau Drs R Erisman (Peta Penyebaran Avian Flu pada Unggas di Riau).

Rangkaian simposium akan didahului oleh tiga jenis pelatihan selama dua hari, 11 dan 12 Agustus, masing-masing Pelatihan APRC (Advanced Pediatric Resucitation Course), Pelatihan Avian Flu pada Anak, dan Pelatihan Tuberkulosis pada Anak. Kegiatan ini dipusatkan di Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK-Unri). Total peserta pelatihan, masing-masing diikuti oleh 40 peserta.

“Hari Jumat, para instruktur nasional dan peserta dari berbagai provinsi sudah akan tiba di Bumi Lancang Kuning,” pungkas dr Elmi Ridar SpA. (Tony)


Posting Terkait