GUBERNUR SAMBUT BAIK KPUD Riau Luncurkan Buku Pejalanan Pilkada di Riau

PEKANBARU (RiauInfo) – Satu lagi kontribusi bagi kecerdasan berdemokrasi untuk rakyat Riau khusunya, disumbangkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Riau. Sumbangsih KPUD Riau ini dalam bentuk karya buku yang memuat perjalanan beberapa pesta demokrasi (Pilkada) di Riau yang telah sukses pelaksanaannya. 

Pernyataan gubernur Riau, Rusli Zainal yang disampaikan oleh kepala Badan Informasi Komunikasi dan Kesatuan Bangsa (BIKKB) Riau, Said Amir Hamzah menyebutkan, keberadaan buku tersebut punya nilai penting seiring kesadaran semua pihak, bahwa kedepan masih perlu terus belajar untuk berdemokrasi.Menurut gubernur, hal ini terkait kenyataan masih ada diantara masyarakat dan kalangan lain masih berbeda-beda menilai dan menafsirkan arti berdemokrasi atas dasar keinginan masing-masing.

Buku yang diluncurkan KPUD Riau mengulas masalah Pilkada di 10 kabupaten/kota di Provinsi Riau ini, mendapat sambutan baik dari Gubernur Riau. Dengan memuat tentang perjalanan dan pelaksanaan Pilkada tingkat kabupaten/kota di Provinsi Riau selama masa periode 2005 hingga 2006, buku ini menambah referensi bagi Riau dalam menjalankan Pilkada Gubernur pada 2008 mendatang.

“Saya mengucapkan selamat dan menyambut baik atas penerbitan Buku Pilkada oleh KPU Provinsi Riau ini. Buku ini amat penting bagi semua pihak dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Provinsi Riau, khususnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang tidak lama lagi akan dilangsungkan,” imbuh gubernur Riau melalui Kepala Badan Infokom dan Kesbang Provinsi Riau Said Amir Hamzah SKM saat meresmikan peluncuran buku ini, Kamis (3/1), di Hotel Mutiara Pekanbaru.

Menurut gubernur, dengan diterbitkannya buku ini, berarti KPUD Provinsi Riau telah menerbitkan dua buah buku selama masa tugasnya. Karena sebelumnya KPUD Riau juga telah menerbitkan buku pertama dengan judul “Pemilu 2004 di Riau dan Kepulaun Riau”, yang merekam jejak tiga kali pemilu pada tahun 2004, yaitu pemilu legislatif, memilih anggota DPR-RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten kota se-Provinsi Riau dan Kepri.

Sementara yang kedua adalah buku yang baru diterbitkan dan diluncurkan saat ini katanya. Buku tersebut menghimpun data serta angka dan diiringi suatu analisis serta cerita mengenai peristiwa perjalanan pelaksanaan Pilkada di Provinsi Riau. “Sungguh saya nilai ini suatu pekerjaan intelektual yang memerlukan kerja keras dari segenap redaktur dan penerbit buku ini,” puji gubernur.(Surya)

 

Rizki: