Gubernur Riau: Wapres Buka Peparnas Riau 2012

699 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Wakil Presiden Boediono akan membuka Pekan Paralimpik Nasional ke-14 yang berlangsung di Pekanbaru, Riau hari Minggu (7/10/2012) mendatang. Pembukaan akan dipusatkan di Stadion Kaharudin Nasution di kawasan Rumbai.

“Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Wapres. Dalam sebulan terakhir ini, beliau bersedia datang ke Riau. Dua kali untuk PON dan sekali untuk Peparnas. Selain bapak Wapres, sejumlah menteri juga akan hadir pada pembukaan Peparnas,” ujar Gubernur Riau, Rusli Zainal dalam pertemuan dengan wartawan di Media Center Utama Peparnas di Pekanbaru, hari Jumat (5/10/2012).

Rusli menyebutkan, upacara pembukaan Peparnas akan dilakukan secara sederhana. Meski demikian, acara tetap akan semarak karena dimeriahkan oleh atraksi budaya yang dipersembahkan oleh seniman dan budayawan Riau.

“Acara pembukaan akan bertema, Dibawah Matahari tak Ada yang Sempurna,” tambah Rusli.

Rusli mengimbau para guru dan murid di kota Pekanbaru dan kota-kota lainnya di Riau dapat meramaikan Peparnas ini. “Saya berharap, untuk anak didik dan para guru ajang paralimpik ini dapat dijadikan proses pembelajaran dan menjadi spirit,” ulasnya.
Peparnas pertama.

Menurut Rusli yang juga mantan Ketua Umum Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional 2012 itu, sekitar 4.000 orang bakal terlibat dalam Peparnas ini. Komponen itu terdiri dari atlet, ofisial, wasit, tim delegasi teknis serta personel pendukung lainnya.

“Ada sekitar 1.427 paralampian, 303 offisial, yang berasal dari 32 provinsi. Hanya Papua Barat yang belum mendaftarkan paralimpianya hingga kini. Riau sebenarnya menjadi tuan rumah Peparnas yang pertama, karena sebelumnya even ini bernama Porcanas atau Pekan Olahraga Cacat Nasional,” urai Rusli Zainal.

Rusli menyampaikan, seluruh persiapan dan akomodasi untuk paralimpian sudah disediakan oleh panitia penyelenggara. Termasuk fasilitas khusus yang diperlukan paralimpian berkursi roda. Sebanyak 16 toilet khusus sudah disiapkan di seluruh arena.

Menurut Rusli, Riau sebagai tuan rumah menurunkan paralimpian sejumlah 227 orang. Jumlah itu sekaligus menjadi kontingen terbesar. Ia menambahkan, bagi paralimpian Riau yang berprestasi, pihaknya akan menyediakan penghargaan, meski belum dapat dipastikan nilainya.

Pada kesempatan sama, Manajer Fasilitas Media Center Utama, Satria Batubara mengungkapkan, seluruh awak media pada Peparnas ini akan dilayani oleh tiga media center, yakni media center utama di Kompleks Perpustakaan Soeman HS, MC Stadion Atletik Rumbai dan MC Gelanggang Remaja. (KD1)

 

Posting Terkait