GUBERNUR RIAU Air Bersih Juga Jadi Masalah Di Masyarakat

740 views

Pekanbaru – Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengatakan, saat ini air bersih juga menjadi masalah bagi masyarakat Riau, karenanya pihaknya berkeinginan membangun instalasi air bersih yang bisa langsung untuk di minum.


“Kita sudah melakukan kunjungan ke Denmark beberapa waktu lalu, pelayanan air bersih mereka cukup bagus, kita juga berkeinginan untuk melakukan hal serupa sehingga air bersih tidak lagi menjadi problem di daerah ini,” kata Gubernur, Rabu (20/9).

Ia mengatakan, persoalan air PDAM yang buruk dan kotor tidak hanya dialami masyarakat, akan tetapi dirinya juga mengalami hal yang sama. “Di rumah gubernur juga airnya tidak jernih dan harus menunggu beberapa saat agar airnya jernih,” katanya.

Menurut ia hal ini bisa dimaklumi, karena tingkat kebocoran pipa PDAM mencapai 60 persen dan kondisi yang sudah tua menyebabkan air yang disalurkan menjadi tidak jernih.

“Kita sudah komunikasikan hal ini begitu juga rencana Riau untuk mengembangkan instalasi air bersih yang bisa untuk diminum secara langsung,” ungkapnya.

Ditambahkannya, jika keinginan terwujud total investasi yang akan digunakan mencapai Rp 230 miliar dengan kecepatan air 1.000 liter per detik. “Jika ini terwujud problem air bersih terutama sekali bagi Kota Pekanbaru bagian Selatan dan wilayah Kabupaten Kampar akan bisa teratasi,” tutur gubernur.

Posting Terkait