GTTG Akan Sangat Bermanfaat Bagi Petani di Riau

PEKANBARU (RiauInfo) – Pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) Nasional XI 2009 yang akan berlangsung mulai 6 Juni mendatang di Pekanbaru dipastikan akan sangat bermanfaat bagi petani Riau. Sebab teknologi yang dipamerkan pada GTTG bisa dimanfaatkan petani untuk meningkatkan produksinya.

“Makanya saya sangat yakin GTTG ini merupakan kesempatan bagi petani di Riau untuk memanfaatkan segala inovasi baru itu untuk memudahkan mereka dalam bertani sekaligus meningkatkan produktivitasnya,” ungkap Kepala Dinas Perkebunan Riau M Yafiz di Pekanbaru.

Dia menyebutkan selama ini teknologi yang digunakan oleh sebagian besar petani di Riau masih sangat sederhana. Inilah yang selama ini produktivitas mereka tidak seperti yang diharapkan. “Namun jika mereka menggunakan teknologi tepat guna, pasti produktivitasnya akan meningkat,” ungkap dia.

Makanya dia sangat mendukung pelaksanaan GTTG karena bakal berdampak positif bagi para petani di Riau dalam meningkatkan produktivitasnya. Selan itu dia juga berharap para petani di Riau juga mampu menghasilkan teknologi-teknologi baru di bidang pertanian.

Dia menyebutkan, tahun lalu sempat diikut sertakan dalam GTTG hasil inovasi masyarakat berupa teknologi penyaringan sagu. Melalui teknologi ini, proses pembuatan sagu bisa dipercepat dan produksi yang lebih besar. “Ini tentunya bernilai sangat positif bagi masyarakat,” tambahnya.(ad)

Rizki: