Gerakan Angin Timur Sebabkan Cuaca Panas

824 views

PEKANBARU (RiauInfo)-Tiga hari belakangan hingga hari ini, Minggu (30/9) cuaca panas mengitari Riau. Menurut BMG Pekanbaru, suhu udara panas ini terjadi akibat gerak udara kering dari timur ke barat masih berlanjut walau hingga akhir September ini.

Gerakan angin yang berasal dari timur atau dari benua Australia umumnya selalau membawa udara kering bergerak menuju barat, seperti daerah katulistiwa yaitu Indonesia. Angin bermasa udara kering ini akan mengakibatkan daerah yang dilewatinya menjadi musim panas dan suhu relatif tinggi.

“Jika pergerakan angin ini berubah dari barat ke timur maka umumnya udara lembab yang dari barat akan lebih besar membawa kemungkinan hujan di daerah yang dilewatinya. Untuk saat ini, khususnya daerah katulistiwa masih mengalami gerakan angin dari timur ke barat yang membawa udara kering dan berdampak cuaca panas pada daerah yang dilewatinya,” sebut Aristya Ardhitama dari BMG Pekanbaru kepada RiauInfo, Minggu (30/9) di Pekanbaru.

Marzuki juga dari Analisa BMG Pekanbaru mengatakan, suhu udara yang dirasakan relatif panas dan gerah dirasa warga Riau, Pekanbaru khususnya belakangan ini sekitar 33’C hingga 35’C. “Keadaan suhu cuaca memang relatif gerah dan cukup panas dirasakan warga Pekanbaru belakangan,” terang Marzuki.(Surya)

 

Posting Terkait