Gempa Dua Kali di Satu Wilayah Sumbar

666 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Provinsi Sumatera Barat, Rabu (23/12/09) ini. Sedikitnya dua kali gempa dengan kekuatan berbeda terjadi dalam waktu yang relatif berdekatan di Bumi Minang tersebut. Berdasarkan catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi dengan kekuatan 6,1 skala richter (SR) pada pukul 08.11.57 WIB, dengan kedalaman 10 km dan berada pada 56 km, Tenggara, Siberut, Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat.

Gempa pertama ini dirasakan oleh sejumlah warga kota Padang. Sejumlah warga dilaporkan berhamburan menyelamatkan diri mereka.

Sedangkan gempa kedua dengan kekuatan 5,3 SR terjadi pada pukul 08.47.17 WIB, kedalaman 25 km di wilayah yang sama. Gempa kedua ini relatif tidak terasa dari kota Padang. Kepala kantor BMKG Pekanbaru Philip Mustamu melalui staf analisa Warih mengatakan, gempa yang terjadi dua kali berturut tersebut tidak berpotensi sunami.

BMKG tidak bisa memastikan adanya gempa susulan. Meskipun ada, BMKG menyatakan gempa yang terjadi secara berdekatan akan melemah dibanding gempa sebelumnya.(Surya)

Posting Terkait