Gembok Pagar Juga Jadi Incaran Pencuri

1161 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Jangan heran jika anda sering mengalami kehilangan gembok pagar rumah, kantor dan sebagainya. Pasalnya, saat ini gembok juga merupakan salah satu komoditas bagi para pencuri. Selidik punya selidik, bahan baku gembok yang berasal dari logam sejenis tembaga atau kuningan adalah alasan pencuriannya.

Kehilangan gembok pagar ini telah berulang kali terjadi di salah satu kantor lingkungan Pemprov Riau di kawasan jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru. Penjaga kantor mengaku tidak bisa mengingat dan menghitung lagi jumlah gembok pagar yang hilang. Sebanyak itu pula mereka menggantinya dengan yang baru. Kejadian pencurian diperkirakan setelah pintu pagar dibuka dan gembok digantungkan pada pagi hari sebelum pegawai masuk kerja.

“Setelah kita pikir-pikir, kami mendapat kesimpulan bahwa bahan dasar gembok dari logam kuningan tersebut menjadi daya tarik pencuri selama ini. Karena bahan logam tersebut tergolong mahal perkilonya jika dijual ke penampung barang bekas. Namun kami tidak bisa menangkap siapa yang melakukan pencurian,”ungkap penjaga kantor yang tidak mau dikutip namanya kepada RiauInfo.

Ditengah puluhan kali mengalami kehilangan gembok, penjaga kantor akhirnya mendapatkan solusi untuk mengganti gembok terbaru. Gembok ini tidak akan terlupakan untuk kembali dikunci jika membuka dan menutup pagar.

“Pasalnya, gembok terbaru yang dipakai saat ini harus dibuka dan ditutup beserta kunci yang harus tetap menempel di dalam gembok. Jadi kami meninggalkan gembok pasti dalam keadaan terkunci. Karena selama ini merupakan kelalaian meninggalkan gembok tergantung tanpa menguncinya kembali,” terang penjaga kantor.(Surya)

Posting Terkait