Gelombang Tinggi Hantui Pesisir Barat Sumatera

PEKANBARU (RiauInfo) – Gangguan cuaca di Samudera Hindia meningkatkan ketinggian gelombang di sejumlah wilayah pesisir barat pulau Sumatera, Selasa (14/10) ini. Gelombang mencapai ketinggian 4 meter itu melanda lebih dari setengah wilayah pesisir Barat pulau Sumatera hari ini. 

Badan Meteorologi dasn Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru mendapatkan wilayah pesisir barat provinsi Sumatera Barat hingga pesisir provinsi Lampung mengalami gelombang setinggi 4 meter tersebut. Sedangkan untuk wilayah pesisir provinsi Aceh dan Sumatera Utara ketinggian gelombang hanya berkisar 2 meter.

Gelombang setinggi 4 meter tersebut membahayakan bagi pelayaran, khususnya pelayaran nelayan yang menggunakan kapal-kapal kecil. Tekanan rendah di Samudera Hindia itu mengakibatkan cuaca buruk dan angin kencang. Sehingga meningkatkan ketinggian air laut di sekitar pesisir Sumatera Barat hingga Pesisir provinsi Lampung tersebut.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Stasiun Pekanbaru melalui staf analisa Ardhitama kepada RiauInfo mengatakan, tekanan rendah di suatu wilayah mempengaruhi wilayah sekitarnya. Pengaruh itu bisa hujan atau kekeringan di wilayah tertentu.

Tekanan rendah yang sedang terjadi di Samudera Hindia mengakibatkan kekeringan di wilayah Riau dan menimbulkan cuaca buruk dan gelombang tinggi di wilayah pesisir Sumatera Barat hingga pesisir provinsi Lampung hari ini.(Surya)

Rizki: