Gelombang Tinggi Akan Masih Mendominasi Perairan Riau dan Kepri

630 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Meski saat ini gelombang di perairan Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) telah menurun dari hari kemarin, namun masih tergolong membahayakan bagi pelayaran. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru melaporkan, hari ini, Senin (07/01) ketinggian gelombang masih berkisar 3 meter di wilayah perairan tersebut.

“Angin kencang masih menjadi penyebab utama terjadinya gelombang tinggi di perairan Riau dan Kepri umumnya. Keadaan ini pengaruh pergantian musim yang akan berlangsung hingga bulan Maret 2008 ini,”terang Ardi dari BMG Pekanbaru kepada RiauInfo.

Data BMG menerangkan, wilayah Kepulauan Riau yang sangat rawan terjadinya gelombang tinggi hingga 3 meter tersebut berkisar di perairan pulau Batam, pulau Tujuh atau pulau Natuna, perairan Tarempa dan perairan Riau lainnya.

Menurut BMG, Ketinggian gelombang laut 1,5 meter saja biasanya telah sangat membahayakan bagi kapal-kapal kecil yang biasa digunakan nelayan dan armada trnsportasi lainnya. “Dengan ketinggian gelombang saat ini rata-rata hingga 3 meter akibat angin kencang yang juga menyertainya tersebut akan tergolong berbahaya bagi kapal besar sekalipun,”terang Ardi.(Surya)

 

Posting Terkait