Gelombang Masih Tinggi di Sejumlah Perairan Sumatera

581 views

PEKANBARU (RiuaInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, gelombang tinggi masih terjadi di sejumlah perairan Pulau Sumatera, Rabu (3/12) ini. Selain perairan provinsi Riau dan perairan provinsi Kepulauan Riau (Kepri), gelombang tinggi juga masih terjadi di sepanjang pesisir Barat Pulau Sumatera hari ini. 

Kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, gelombang tinggi itu masih dipengaruhi tekanan rendah di perairan Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera dan tekanan rendah di laut China Selatan yang berhubungan dengan perairan Riau dan Kepri.

Gelombang mencapai 0,75 hingga 1 meter terjadi di perairan pesisir Timur Riau seperti di Bengkalis, Dumai dan pesisir Pulau Selat Panjang. Ketinggian gelombang pasang meningkat mencapai 1 hingga 1,5 meter di perairan Selat Singapura, Batam dan perairan Pulau Lingga provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Perairan Kepri pesisir pulau Tarempa, Matak dan Natuna mengalami gelombang tinggi mencapai 2 hingga 3 meter.

BMG Pekanbaru juga melaporkan gelombang masih tinggi di sepanjang pesisir Barat Pulau Sumatera. Daerah pesisir Barat Sumatera dari perairan Barat provinsi Aceh hingga pesisir provinsi Lampung juga masih mengalami gelombang mencapai 2 hingga 3 meter.

BMG menilai gelombang tinggi itu merupakan ancaman bagi pelayaran, kususnya bagi nelayan yang menggunakan kapal kecil untuk melaut di sejumlah perairan tersebut.(Surya)

 

Posting Terkait