Gelombang Kembali Meninggi di Pesisir Barat Sumatera

795 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Gelombang setinggi 2 hingga 3 meter terjadi di sepanjang pesisir barat pulau Sumatera, Rabu (10/09) ini. Cuaca buruk atau angin kencang disertai hujan menjadi penyebab utama naiknya gelombang dari pesisir barat provinsi Aceh hingga peraiaran Lampung tersebut. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) stasiun Pekanbaru melaporkan hasil pencitraan satelit mendapatkan gangguan cuaca itu terjadi akibat adanya tekanan rendah di wilayah Samudera Hindia yang sejajar dengan wilayah pesisir Barat Pulau Sumatera. Sehingga cuaca buruk dan angin kencang menaikkan gelombang laut tersebut.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru melalui staf analisa Warih mengatakan, kecenderungan hujan pun akan merata melanda wilayah pulau Sumatera dalam rentang waktu dua hari mendatang.

Dampak positif dari hujan itu salah satunya adalah hilangnya kebakaran hutan dan lahan di sejumlah provinsi. Namun dampak negatif hujan berkepanjangan tentu saja banjir yang terjadi di sejumlah wilayah pulau Andalas ini. Namun BMG menilai tinggi gelombang di pesisir barat Sumatera hari ini msih relatif ringan dibanding bberapa waktu lalu yang sempat mencapaqi 4 meter.(Surya)


Posting Terkait