Gara-Gara Sawit Anjlok, 352 Ribu Keluarga di Riau Bakal Jatuh Miskin

612 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Harga sawit yang anjlok dalam beberapa pekan terakhir ini membuat banyak petani di Riau menurun drastis penghasilannya. Bahkan diperkirakan sebanyak 352 ribu keluarga di Riau bahkan jatuh miskin, karena selama ini penghasilan mereka memang semata-mata bergantung pada sawit. 

Berita ini menjadi headline Pekanbaru Pos edisi Kamis (16/10) ini berjudul “Selamatkan Petani Sawit!“. Harian ini mengutip pernyataan Pengamat Ekonomi Riau, Edyanus Herman Halim mengatakan keluarga yang bakal jatuh miskin itu bukan saja di kalangan petani sawit, tapi juga berasal dari petani karet.Sementara itu Riau Pos berita utamanya hari ini tentang penetapan harga pembelian buah sawit yang dilakukan Provinsi Riau yakni berkisar Rp749,53 hingga Rp 1.047,66 kg. Penetapkan ini diharapkan bisa mengurangi keresahan di kalangan petani karet. Berita berjudul “Harga Sawit Minimal Rp749 per Kg“.

Masalah anjloknya harga sawit ini juga jadi headline Koran Riau berjudul “Petani Makin Sulit“. Harian ini menyebutkan sejumlah petani di Riau mengeluhkan kondisinya pasca anjloknya harga hasil panen kebun mereka. Sehubungan hal itu Gubri Wan Abubakar minta agar jangan ada yang memanfaatkan keadaan.

Media Riau hari ini juga mengangkat masalah anjloknya harga sawit itu sebagai headlinenya. Menurut prediksi Dinas Perkabunan Riau, rendahnya harga buah sawit ini akan berlangsung lama dan akan pulih sekitar Januari atau Februati mendatang. Berita itu berjudul “Rendahnya Harga TBS Diprediksi Bertahan Lama“.

Kasus tabrak lagi yang menewaskan dua korbannya di Jalan Belimbing, Bukitraya, Pekanbaru menjadi headline Pekanbaru MX hari ini. Dalam berita berjudul “Tabrak Lari, 2 Nyawa Melayang” itu disebutkan tabrakan itu antara sebuah sepeda motor Suzuki Sky Walk dengan sebuah truk. Setelah tabrakan itu, truknya langsung kabur.

Sedangkan Riau Mandiri berita utamanya tentang Dinas Perkebunan Riau mengajukan penambahan anggaran yang tak tanggung-tanggung, yakni membengkak jadi Rp430 miliar dari Rp217 miliar yang sudah dialokasikan di APBD Riau. Berita itu berjudul “Kebun K2I Membengkak Jadi Rp430 M“.

Lain dengan Tribun Pekanbaru, berita utamanya hari ini tentang pertemuan Presiden SBY dengan seluruh gubernur se-Indonesia di Jakarta Rabu kemaren. Dalam kesempatan itu SBY minta kepada seluruh kepala daerah itu memantau cara yang dipakai berbagai negara mengatasi krisis. Berita berjudul “SBY Ajak Nguping“.

Berita utama Metro Riau hari ini tentang Rapimnas Partai Golkar yang mulai memanas. Dalam Rapimnas ini diperkirakan akan keluar rekomendasi tentang nama siapa yang layak untuk dijadikan sebagai Capres maupun Cawapres. Berita itu berjudul “Usung Presiden, Bukan Wakil“.(Ad)

 

Posting Terkait