Gaji 13, Berdampak Naiknya Harga Bahan Kebutuhan Sehari-Hari

644 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemberian gaji ke-13 bagi para pegawai negeri sipil (PNS) telah berdampak buruk bagi masyarakat lainnya. Sebab pemberian gaji ke-13 tersebut menyebabkan seluruh bahan kebutuhan sehari-hari mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Diantaranya daging ayam potong yang sebelumnya dapat dibeli dengan harga Rp 11.000 perkilogram kini melambung menjadi Rp13.000 perkilogram. Begitu pula halnya dengan ikan laut segar yang biasanya cuma Rp 1o.000 perkilogram, kini harganya telah naik menjadi Rp 13.000 sampai Rp14.000 perkilogram.

Harga gula pasir juga mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Jika biasanya hanyaberkisar antara Rp16.800 hingga Rp 7.200 perkilogram, kini harganya telah berada di atas Rp8.000 perkilogram. Kenaikan tersebut juga dialami minyak goreng curah, telur, dan hampir seluruh jenis sayur-sayuran.

Para pedagang yang ditemui RiauInfo, Senin (9/7) di Pasar Lilmapuluh Pekanbaru mengatakan, kenaikan harga bahan-bahan kebutuhan sehari-hari ini dampak dari adanya gaji ke-13. Menurut mereka, kondisi seperti ini memang pasti terjadi setiap pemerintah memberikan gaji ke-13 kepada PNS.

Margono (46) salah seorang pedagang mengatakan, para agen dan pedagang sengaja menaikkan bahan-bahan tersebut karena ingin ikut menikmati pula gaji ke-13 itu. “Masak cuma PNS saja yang mendapatkan gaji ke-13, selain orang yang bukan PNS melongo saja melihat para PNS ketiban rejeki,” ungkapnya.

Makanya, menurut dia, dari pada melongo saja, lebih baik dicari cara lain untuk ikut menikmati gaji ke-13 yang diterima PNS itu. “Caranya ya dengan menaikkan harga-harga barang dagangan. Para PNS pasti tidak akan merasa berat atas kenaikan ini karena mereka baru saja dapat banyak orang,” jelasnya.(Ad)

 

Posting Terkait