Fujitsu Sediakan Layanan Informasi Lalu Lintas SPATIOWL ke Perusahaan Pengelola Jalan Tol Indonesia

800 views

2

Jakarta (RiauInfo),  — Fujitsu mengumumkan dimulainya kerja sama penyediaan FUJITSU Intelligent Society Solution SPATIOWL, yakni sebuah layanan berbasis komputasi awan yang memanfaatkan informasi lokasi, kepada PT Marga Utama Nusantara, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan jalan tol di Indonesia.

 

Solusi layanan informasi lalu lintas SPATIOWL yang diimplementasikan oleh PT Marga Utama Nusantara bekerja dengan cara mengumpulkan berbagai data probe yang meliputi lokasi, waktu dan kecepatan kendaraan, serta menghasilkan dan mengumpulkan beragam informasi lalu lintas lainnya, seperti kondisi dan kemacetan. Selain itu, layanan ini juga memberikan kemudahan untuk diinstal di smartphone.

 

Dengan mengakses aplikasi SPATIOWL melalui perambah di pusat kendali jalan tol, PT Marga Utama Nusantara dapat memperoleh seluruh akses informasi lalu lintas untuk kemudian diteruskan kepada para pengemudi supaya mereka dapat mengetahui dan waspada akan kondisi kemacetan lalu lintas, kecelakaan, maupun bencana yang tengah terjadi.

 

1

Penyediaan informasi lalu lintas berbasis probe data memberikan kontribusi positif dalam mengatasi beragam masalah sosial, seperti kemacetan lalu lintas di jalan-jalan lokal dan menyajikan rute-rute alternatif melalui tol bagi pengguna jalan

 

 

Perusahaan berencana untuk memanfaatkan layanan informasi lalu lintas tersebut lebih luas lagi, seperti menawarkan diskon bagi pengguna yang mengakses jalan tol di waktu-waktu tertentu berdasarkan analisis volume lalu lintas, serta menyediakan beragam layanan baru lainnya, seperti rambu-rambu digital terpasang di jalan yang terhubung langsung dengan SPATIOWL.

 

Achmad S Sofwan, Managing Director, Fujitsu Indonesia, mengatakan “Fujitsu berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi yang optimal bagi Indonesia. Komitmen Fujitsu tersebut terwujud salah satunya melalui dukungan layanan yang dihadirkan untuk PT Marga Utama Nusantara yang berkontribusi dalam membantu mengatasi masalah kemacetan lalu lintas yang selama ini telah menjadi problematika sosial di Negara ini.”

 

Latar Belakang

 

Peningkatan volume lalu lintas akibat pesatnya pertumbuhan penduduk dan perkembangan ekonomi berdampak pula pada semakin tingginya angka permasalahan sosial yang serius terkait kemacetan dan kecelakaan lalu lintas yang marak terjadi di beberapa kawasan metropolitan di Indonesia.

 

PT Marga Utama Nusantara merupakan salah satu perusahaan pengelola jalan tol di Indonesia yang berfokus pada pengelolaan jalan tol di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sebagai salah satu kota terpadat di Indonesia, penanganan permasalahan kemacetan lalu lintas jalan raya di kota tersebut mengalami kendala yang teramat pelik.

 

PT Marga Utama Nusantara memutuskan untuk menggunakan solusi SPATIOWL dalam menyebarkan informasi lalu lintas kepada para pengemudi secara real-time, dan memberikan mereka untuk beralih ke rute-rute alternatif melalui jalan tol yang tersedia. Dengan demikian, mereka dapat menghemat biaya total perjalanan sekaligus menghindarkan mereka dari keruwetan yang terjadi di jalan-jalan lokal. Diharapkan, kemacetan lalu lintas dapat cepat terurai.

 

Fitur-fitur Layanan dan Hasil

 

  1. Penyediaan Informasi dan Durasi Kemacetan Lalu Lintas

Dari seluruh data terkait yang berhasil dikumpulkan, SPATIOWL kemudian akan mengolahnya menjadi informasi baru tentang kemacetan lalu lintas dan waktu yang dibutuhkan untuk melintas, yang ditampilkan pada peta rute. PT Marga Utama Nusantara akan mengakses aplikasi SPATIOWL dari perambah di pusat kendali jalan tol. Seluruh informasi lalu lintas yang diterima kemudian akan diteruskan kepada para pengguna jalan supaya mereka dapat mengetahui dan waspada akan kondisi kemacetan lalu lintas, kecelakaan, maupun bencana yang tengah terjadi.

 

Keunggulan lain yang dihadirkan oleh SPATIOWL adalah kemudahan dalam mengunduh riwayat informasi lalu lintas yang telah berhasil dikumpulkan. Hal ini memberikan peluang bagi PT Marga Utama Nusantara untuk menerapkan rencana-rencana pengembangan lebih luas lagi, seperti untuk meningkatkan jumlah akses jalan tol dan mengurangi kemacetan lalu lintas di jalan-jalan lokal dengan menganalisa informasi riwayat lalu lintas, memberikan informasi kapan waktu lengang jalan tol kepada pengguna jalan, serta menawarkan diskon bagi pengguna yang mengakses jalan tol di waktu-waktu tertentu.

 

Lebih jauh lagi, PT Marga Utama juga berencana untuk memasang rambu-rambu digital di sepanjang akses masuk jalan tol serta titik-titik utama lainnya berupa peta-peta rute yang menampilkan informasi mengenai kondisi kemacetan lalu lintas di setiap ruas dan waktu untuk melintasinya.

 

  1. Akumulasi Data Menggunakan Ponsel Pintar

Layanan yang disediakan oleh PT Marga Utama Nusantara memanfaatkan fungsi GPS pada ponsel pintar yang terpasang di mobil-mobil patroli jalan tol guna mengumpulkan data probe, seperti lokasi, waktu, dan kecepatan kendaraan. Selain mendukung deployment berbiaya rendah, penggunaan ponsel pintar juga memudahkan pengelola dalam meningkatkan jumlah kendaraan untuk mendukung pengumpulan data.

 

  1. Tautan dengan Kamera Tersembunyi

PT Marga Utama Nusantara juga berencana untuk menghubungkan SPATIOWL ke kamera-kamera pengintai yang saat ini digunakan untuk memantau kondisi kemacetan di gerbang tol, sehingga memungkinkan gambar dari kamera pengintai dan lalu lintas informasi dari SPATIOWL dapat dipantau secara bersamaan melalui PC. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional di pusat kendali jalan tol.

 

Foto Lainnya

Posting Terkait