Fakhrunnas Sumbangkan Buku ke Perpustakaan Soeman HS

737 views
Fakhrunnas Sumbangkan Buku ke Perpustakaan Soeman HS

Fakhrunnas Sumbangkan Buku ke Perpustakaan Soeman HS

SASTRAWAN Nasional asal Riau, SPN Fakhrunnas MA Jabbar secara resmi menyerahkan sejumlah buku hasil karya sendiri beserta buku-buku lain yang memuat karya atau yang membahas buku karyanya. Buku-buku yang diserahkan tersebut meliputi empat kumpulan puisi, tiga biografi, dua kumpulan cerpen dua buku cerita anak-anak serta enam buku lainnya. Penyerahan buku ini langsung diterima oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Riau, Drs. Naili Saidi di ruangan kerjanya. Fakhrunnas MA Jabbar kepada pers menyatakan penyerahan buku tersebut merupakan inisiatif sendiri agar karya-karyanya terdokumentasi dengan baik di Perpustakaan Soeman Hs. Dengan demikian, masyarakat luas dapat mengakses langsung untuk membaca buku-buku karyanya yang distribusinya terbatas. Diharapkannnya, para pengarang Riau lainnya dapat mengikuti jejaknya sehingga akan menambah koleksi buku perpustakaan yang berisi local content Melayu Riau khususnya di ruangan Bilik Melayu.

Menurut Fakhrunnas, menyumbangkan karya buku ke perpustakaan dapat memperluaskan daya jangkau distribusi buku karena dapat dibaca oleh pengunjung perpustakaan. Apalagi khusus bagi sejumlah sastrawan Riau yang produktif menerbitkan buku, pihak Perpustakaan Soeman Hs telah menyediakan rak-rak khusus di ruangan Bilik Melayu.

Di antara buku karya Fakhrunnas yang diserahkan ke Perpustakaan Soeman Hs adalah empat kumpulan puisi yakni Di Bawah Matahari, Matahari Malam Matahari Siang (keduanya bersama Husnu Abadi), Air Mata Barzanji dan Tanah Airku Melayu.

Sedangkan dua kumpulan cerpen adalah Jazirah Layeela dan Sebatang ceri di Serambi (cetakan pertama dan kedua), dua biografi masing-masing Sebutir Mutiara dari Lubuk Bendara (biografi Buya Zaini Kunin), Bukan Pencuri Anak Perawan (biografi Soeman Hs) dan RZ: Apa Adanya (ditulis bersama Yusril Ardanis). Sedangkan dua buku cerita anak-anak adalah Di Bawah Kibaran Merah Putih dan Menyingkap Rahasia di Bumi Harapan.

Selain itu, kata Fakhrunnas, ia juga menyerahkan buku-buku yang terkait dengan diri dan karyanya antara lain : Raja Mantera (bunga rampai tentang Sutardji Calzoum Bachri), Karena Maka Kalau Tetapi (ulasan buku Tanah Airku Melayu yang ditulis oleh Yusmar Yusuf), Antologia De Poetica (kumpulan puisi dwi bahasa Indonesia dan Portugal di mana puisi Fakhrunnas juga dimuat di dalamnya bersama penyair Indonesia dan Malaysia lainnya).

“Sebagian buku-buku tersebut ada yang harus difotokopi karena saya hanya memiliki satu buku asli. Saya juga sedang mengkopi kliping tulisan yang pernah dimuat di media dalam kurun waktu sejak saya di SMP hingga sekarang. Bahan-bahan tersebut bisa dijadikan bahan penelitian atau studi bagi siapa saja,” kata penyair yang juga Deputi Direktur PT RAPP ini.

Sementara Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau, Naili Saidi menyambut gembira inisiatif penyerahan buku oleh Fakhrunnas. Oleh sebab itu, para pengarang Riau lainnya dapat pula menyerahkan dan menyumbangkan karya-karya mereka untuk memperkaya koleksi buku sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat umum.

“Kita ingin menjadikan Perpustakaan Soeman Hs ini pusat informasi buku dalam mencerdaskan masyarakat. Oleh sebab itu, pelayanan perpustakaan ini juga dilengkapi dengan café, pelayanan interney gratis, wifi gratis serta taman bacaan anak-anak..” kata Naili. (ad/rls)

Posting Terkait