Empat DAS di Riau Harus Jadi Perhatian Pemerintah

763 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kualitas air di empat sungai besar di Riau dari tahun ke tahun terus mengalami penurunanan. Untuk itu pemerintah diminta lebih memperhatikan kondisi ini. 

Pengamat lingkungan dari Rona Lingkungan Universitas Riau (Unri) Tengku Ariful Amri mengatakan kualitas air yang sangat jauh menurun terjadi di DAS Siak, padahal di DAS ini ribuan masyarakat mengandalkan air sungai ini sebagai bahan baku minuman dan sebagainya.

“Berhubungan hari air sedunia tanggal 22 Maret inilah moment yang tepat untuk menyelamatkan baku mutu air di sungai tersebut,” jelasnya.

Ia menambahkan, DAS Sungai Siak memang harus menjadi perhatian utama, tidak saja Pemprov Riau akan tetapi tiga kabupaten dan satu kota di Riau, karena Sungai Siak yang merupakan salah satu sungai terdalam
di Indonesia membelah tiga kabupaten dan satu kota, masing-masing Kabupaten Kampar, Siak dan Bengkalis serta Kota Pekanbaru.

Menurunnya kualitas air di empat DAS terlebih di DAS Siak karena rusaknya hidrologi dan tidak adanya area tangkapan air yang betul-betul mampu menyerap air ketika hujan lebat tiba.

Kenyataan yang ada sekarang, jika hujan lebat datang akan terjadi banjir, sebaliknya jika hujan tidak turun dalam dua minggu saja tanah menjadi kering dan berakibat mudahnya terjadi kebakaran dan terakhir
kasus yang akan muncul adalah kabut asap.(Ad)

Posting Terkait