Ekspor CPO di Pelabuhan Dumai Terbesar di Indonesia

656 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Ekspor Crude Palm Oil (CPO) melalui pelabuhan Dumai ternyata terbesar di Indonesia. Menurut data yang ada menyebutkan setiap tahunnya ekspor CPO melalui Pelabuhan Dumai mencapai 7,1 juta ton per tahun.

CPO yang diekspor melalui Pelabuhan Dumai itu punya tujuan ke sekitar 91 negara di dunia. “Ini membuktikan Pelabuhan Dumai merupakan pelabuhan yang cukup penting di Indonesia,” ungkap Walikota Dumai, Zulkifli AS kepada wartawan di Dumai.

Dia menyebutkan sebagai daewrah pengekspor CPO terbesar di Indonesia, Dumai sudah seharusnya melenkapi infrastruktur pendukungnya, sehingga lebih banyak investor tertarik menanamkan modalnya di Dumai. Dengan demikian Dumai bisa lebih berkembang lagi.

Mengingat sangat strategisnya peranan Dumai ini, kini Dumai dikembangkan pula menjadi kawasan industri hilir pertanian, terutama kelapa sawit. Dengan adanya kawasan ini maka nantinya idak CPO lagi yang diekspor melainkan produk-produk turunannya.

Saat ini pengolahan CPO menjadi produk-prouk turunannya hanya sekitar 31 persen saja, misalnya dijadikan minyak goreng. Sedangkan selebihnya diekspor dalam bentuk CPO. “Nantinya kita akan mengurangi ekspor dalam bentuk CPO,” ujarnya.

Zulkifli AS mengatakan, jika yang diekspor hanya dalam bentuk CPO saja tentunya kurang menguntungkan bagi daerah. Sebab berbagai produk jadi seperti mentega, deterjen, dan berbagai produk hilir lainnya sangat memungkinkan dilakukan.(ad)

 

Posting Terkait