Ekspedisi Kapsul Waktu Tiba di Belitung 13 Oktober

JAKARTA (Riauinfo) – Kementerian Pariwisata mendukung kegiatan Espedisi Kapsul Waktu 2015, sebagai bagian Gerakan Nasional Ayo Kerja. Kegiatan yang dicanangkan Presiden Jokowi di Titik Nol Sabang pada 10 Maret 2015 ini, akan tiba di Bumi Laskar Pelangi Pantai Tanjung Tinggi, Belitung, 13 Oktober. Menpar Arief Yahya bersama sejumlah pimpinan daerah setempat akan menyambut kedatangan Ekspedisi Kapsul Waktu itu.

Pada kesempatan melepas Ekspedisi Kapsul Waktu, Presiden Jokowi berharap, inisiasi mengumpulkan mimpi rakyat Indonesia tentang Indonesia masa datang akan mendapatkan sambutan menggembirakan dari rakyat Indonesia di 34 provinsi yang didatanginya. Ekspedisi ini akan berakhir di Merauke pada 22 Desember 2015, namun kapsul waktu tersebut baru akan dibuka pada 17 Agustus 2085.

“Ekspedisi Kapsul Waktu adalah upaya untuk menjahit beraneka harapan tentang Indonesia dari semua komponen bangsa, aparat pemerintah, pelaku usaha, profesional, petani, nelayan, wartawan, remaja dan anak-anak. Dengan mengangkat berbagai potensi wisata daerah, khususnya kebudayaan dan kesenian daerah, termasuk diantaranya Laskar Pelangi, merupakan bagian dari Gerakan Nasional Ayo Kerja,” ungkap Menpar Arief Yahya pada jumpa pers di Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, kemarin.

Aktor Jay Wijayanto salah seorang penggagas Eskpedisi yang hadir di acara jumpa pers itu mengemukakan, seorang warga Aceh telah menyampaikan sebuah mimpinya ke panitia Kapsul Waktu. “Warga Aceh itu berharap suatu saat nanti, akan ada wanita Aceh berlenggang-lenggok di atas catwal dunia. Kami berharap akan terus bermunculan mimpi mimpi bagaimana wajah Indonesia di masa datang,” ujar Jay.

Kini Ekspedisi Kapsul Waktu sudah tiba di Palembang dan akan terus mengumpulkan impian masyarakat Sumetare Selatan yang akan dibacakan di tepian Sungai Musi. Sebelumnya Kapsul Waktu juga telah menyinggahi Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi dan Batam.

Di Bumi Laskar Pelangi Kapsul Waktu akan disambut secara khusus dengan konvoi mobil dan sepeda motor dari Bandara H AS Hanandjoedin menuju pantai Tanjung Tinggi. Iringan konvoi akan disambut Tari Laskar Pelangi menuju panggung yang disiapkan di bibir pantai.

Belitung layak menyambut Ekspedisi Kapsul Waktu di pesisir karena keindahan pantainya yang layak menjadi geopark dunia karena kehadiran bebatuan granit hampir diseluruh bibir pantai yang tidak ada duanya di dunia. Belitung adalah salah satu masa depan wisata pantai dunia karena keunikan pantainya.

Untuk memeriahkan Ekspdisi Kapsul Waktu juga diselenggarakan sayembara foto dengan total hadiah Rp 350 juta dan Kuiz Mimpi Indonesia yang hadiahnya Rp 10 juta rupiah akan diberikan setiap minggu untuk seorang pemenang. Kegiatan Kuiz Mimpi akan berakhir 22 Desember 2015. (Ami Herman)

Adrizas: