EKSPEDISI JURNALISTIK – GIAM SIAK KECIL Wartawan Ekplorasi Kemampuan Jurnalistik

745 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Bekerjasama dengan PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Riau berencana akan menggelar Ekspedisi Jurnalistik ke Cagar Biosfer Giam Siak Kecil dilanjutkan dengan Lomba Karya Jurnalistik dengan topic sentral Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, paska Lebaran Idul Fitri 1430 H atau sekitar bulan Oktober 2009mendatang.

Kesepakatan ini tercapai dalam pertemuan Direktur EV &CSR IKPP Mr. C.P. Munoz yang didampingi GM Public Affair Nazaruddin, Koordinator Media IKPP Nurul Huda dan Manager Flagship Conservation Cagar Biosfer Yuyu, dengan jajaran pengurus PWI Cabang Riau yang dipimpin Wakabid Pendidikan Hendrizal Roeslan yang berlangsung di Aula PWI Cabang Riau Pekanbaru, Senin (31/8).

“Pada prinsipnya dalam pertemuan kami dengan pengurus PWI, adalah untuk menyamakan persepsi terhadap rencana Ekspedisi tersebut. Ide ini murni hasil eksplorasi kedua belah pihak dalam upaya meningkatkan kemampuan wartawan di Riau untuk mengekplorasi potensi di lingkungannya,” kata Mr. C.P. Munoz, Direktur EV &CSR IKPP.

Disamping itu juga merupakan sikap IKPP untuk terus mendukung upaya PWI untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik anggotanya denga memperkaya khasanah wawasan jurnalistik, di samping untuk terus memperkuat komitmen pers terhadap kelangsungan lingkungan hidup.

“Kita sudah satu persepsi dengan IKPP, sekarang kami berencana akan mempersiapkan rancangan teknis kegiatan. Namun demikian kita tentunya akan melaksanakan survey lokasi terlebih dahulu sekitar dua atau tiga hari,” kata Wakabid Pendidikan PWI cabang Riau Hendrizal Roeslan.

Menurut Hendrizal, banyak hal yang bisa diekplorasi para jurnalis di lahan seluas 705.271 ha tersebut. Sebab terbagi dalam tiga bagian cagar biosfer, masing-masing lahan inti, lahan penyangga dan lahan transisi. Semuanya menarik untuk dikupas dalam berbagai bentuk karya jurnalistik.(ad/rls)

Posting Terkait