DUA TEKANAN RENDAH SEDANG TERJADI… Gelombang Meninggi di Pesisir Riau dan Kepri

551 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru mencatat gelombang kembali meninggi di wilayah pesisir provinsi Riau dan perairan provinsi Kepulauan Riau, Senin (24/11) ini. Keadaan itu menyusul pengaruh tekanan rendah dari dua wilayah perairan yang berhubungan langsung dengan perairan Riau dan Kepri tersebut. 

Kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu melalui staf analisa Slamet Riyadi mengatakan, tekanan rendah atau cuaca buruk sedang terjadi di wilayah Utara perairan Aceh dan wilayah perairan Laut China Selatan. Tekanan rendah dan cuaca buruk itu meninggikan gelombang di periaran pesisir Riau mencapai 1 hingga 1,5 meter hari ini.

Sedangkan sejumlah perairan Kepulauan Riau (Kepri) juga meningkat mencapai 1,5 hingga 2 meter di wilayah periaran Pulau Batam dan Tanjung Pinang. Ketinggian gelombang kian meningkat mencapai 2 hingga 2,5 meter di perairan Pulau Natuna, Matak dan Tarempa. BMG menilai gelombang tersebut relatif membahayakan bagi pelayaran, khususnya bagi nelayan yang biasa menggunakan kapal kecil untuk melaut.(Surya)

 

Posting Terkait