DPRD Sumsel Optimis PON XVIII Akan Berjalan Sukses

803 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Rombongan Komisi V DPRD Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (20/6) menggelar pertemuan dengan Pemprov Riau, KONI Riau, dan PB PON Riau guna mendapatkan informasi mengenai persiapan yang telah dilakukan Riau sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII September mendatang.

Dalam pertemuan yang dipimpinan Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Pengolahan Data Elektronik (Diskominfo PDE) Riau, Ahmad Syah Harrofie di Ruang Kenanga Kantor Gubernur Riau, rombongan selain mendapatkan penjelasan mengenai persiapan PON yang telah dilakukan, juga menyaksikan film dokumenter tentang PON Riau tersebut.

Ahmad Syah, dalam kesempatan ini mengatakan saat ini persiapan PON terus dilakukan Riau, termasuk pembangunan venue-venue yang dibutuhkan untuk pertandingan cabang olahraga. Venue-venue itu ada yang sudah selesai 100 persen, dan ada pula masih dalam pembangunan. “Namun dipastikan menjelang PON nanti seluruhnya akan selesai,” ujarnya.

Hanya saja pembangunan venue yang sedikit dikhawatirkan adalah venue untuk cabang futsal yang sedang dibangun di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir. Pembangunan venue itu masih dibawah 60 persen, sehingga di khawatirkan tidak selesai sepenuhnya pada saat PON nanti.

“Namun pihak kontraktor yang membangun venue tersebut sudah menjamin pada PON nanti sudah bisa dipergunakan secara fungsional,” ungkapnya. Sedangkan untuk venue-venue lain pembangunannya tidak ada masalah, karena sudah dapat dipastikan akan selesai menjelang PON dilaksanakan.

Ahmad Syah juga menjelaskan, dalam PON XVIII ini nantikan akan mempertandingkan sebanyak 39 cabang olahraga, atau berkurang 4 cabang dari PON Kaltim sebelumnya. Hal ini memang sudah sesjuai dengan kesepakatan bahwa PON mendatang diarahkan kepada PON prestasi, sehingga beberapa cabang dihilangkan.

Sedangkan untuk jumlah medali yang diperebutkan adalah 2.000 medali, terdiri dari 601 medali emas, 601 medali perak, dan 798 medali perunggu. Medali-medali itu akan diperebutkan oleh 7.947 atlet yang datang ke Riau untuk berlaga pada PON XVIII ini.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Komisi V DPRD Dumsel, Muhammad F Ridho menyebutkan bahwa dari pemaparan persiapan PON XVIII di Riau ini sudah mengambarkan betapa seriusnya Riau mempersiapkan diri sebagai tuan rumah event olahraga nasional ini. “Kami yakin PON XVIII akan berjalan lancar dan sukses,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, pada saat pembukaan PON nanti, sebanyak 75 anggota DPRD Sumsel akan datang ke Riau untuk menyaksikan perhelatan akbar ini. “Kami akan datang ke Riau sekaligus memberikan semangat kepada para atlet kami yang akan berlaga di PON. Lagi pula kami targetkan akan masuk 5 besar di PON ini,” jelasnya.(zas)

Posting Terkait