DPRD Riau Minta Perbaikan Jembatan Siak III Lebih Singkat

PEKANBARU (RiauInfo) – Dalam waktu dekat ini Jembatan Siak III akan segera diperbaiki oleh pihak kontraktor. Perbaikan ini memakan waktu cukup lama, yakni lebih kurang 5 tahun. Selama perbaikan arus kendaraan akan diarahkan ke Jembatan Siak I.

Terkait perbaikan jembatan itu, Anggota Komisi C DPRD Riau, Ir H.A. Kirjohari dalam keterangannya Kamis (31/10) di Pekanbaru meminta agar perbaiki jembatan Siak III itu jangan terlalu lama. “Kalau bisa jangan sampai 5 bulan,” ungkapnya.

Hal ini diharapkannya karena Jembatan Siak I yang menjadi tempat pengalihan arus lalu lintas kondisinya sudah tua dan ketahanannya tinggal 40 persen. Jadi tidak mungkin seluruh kendaraan mengandalkan jembatan ini.

Sedangkan Jembatan Siak VI sampai kondisinya belum juga rampung, dan jembatan Siak I lokasinya sangat banyak. “Makanya saya minta agar perbaikan itu jangan terlalu lama, sebisa mungkin waktunya diminimalisir,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas PU Riau, SF Hariyanto mengatakan, perbaikan jembatan itu direncanakan akan membutuhkan waktu sekitar 4 bulan. Sedangkan 1 bulan berikutnya akan digunakan untuk uji coba penggunaan jembatan itu.

Selama perbaikan itu, arus lalu lintas memang akan dilihkan ke Jembatan Siak I. Nantinya, sebelum jembatan Siak III diperbaiki, akan dilakukan sosialisasi pengalihan jembatan tersebut.(ad)

Rizki: