DPRD Kota Pekanbaru Berharap PT Chevron Mau Membantu Listrik

PEKANBARU (RiauInfo) – Ketika dimintai komentarnya tentang seputar Perusahaan Listrik Negara (PLN), Ketua Komisi II DRPD Kota Pekanbaru Syafri Effendi hanya terdiam sambil tersenyum. Katanya, seputar PLN kita tidak perlu menyudutkannya apalagi menyalahkan. Namun sebaiknya kita mengucapkan apresiasi buat pihak PLN, atas ketidakmampuannya dan telah membuat masyarakat Pekanbaru resah. 

Kata ini sepertinya pantas diarahkan kepada PLN. Sebab selama ini, BUMN yang sering diplesetkan dengan istilah perusahaan lilin negara itu, telah dianggap tidak mau terbuka dan terkesan ada yang sengaja disembunyikan dari khalayak.

Menurut Syafri, berbagai dalih dilontarkan pihak PLN seperti mesin rusak, debet air kurang, hingga penghematan energi. Namun semua ini hanya omongan yang yang tak sengaja dicari-cari, demi melepaskan beban.

Betapa tidak, saat musim panas, debet air sebut kurang, saat hujan, mesin yang rusak. Bahkan sarana penerangan di jalan pun disalahkan. Pada hal setiap lampu yang menyala di sepanjang jalan dibayar oleh pemerintah, tukas Syafri.

Karena itu, ada apa sebenarnya PLN ini, mengapa tidak mau jujur. Jika PLN benar-benar terbuka dan benar, buat semacam pertemuan dan jelaskan segala persoalan yang terjadi, tantang Syafri.

Selain itu, Safri juga mengharapkan kepada pihak PT Chevron kiranya mau memberi bantuan daya listrik, minimal penerangan untuk Rumbai. Dengan demikian persoalan kekurangan daya oleh PLN bisa diatas segera.

Politisi Golkar ini mencontohkan apa yang dilakakukan PT Pupuk Sriwijaya (PUSRI) Palembang Sumatera Selatan, yang membantu daya watt kepada PLN setempat yang mengalami krisis energi. Dan hasilnya pun cukup terbantu, ujar Safri Selasa (16/12). (muchtiar)



Rizki: