DPRD dan Pemprov Riau Anggarkan Rp120 M untuk Bangun 2000 RLH

600 views
PEKANBARU (RiauInfo) – DPRD dan Pemerintah Provinsi Riau menganggarkan dana sebesar Rp120 miliar dalam APBD Riau 2014 untuk keperluan membangun rumah layak huni sebanyak 2000 unit. Rumah layak huni ini akan dibangun tahun depan untuk masyarakat kurang mampu di Riau.

Ketua Komisi C DPRD Riau, Azis Zainal dalam keterangannya kemaren di Gedung DPRD Riau menyebutkan dengan akan dibangunnya rumah layak huni sebanyak 2000 unit ini, maka hampir seluruh kabupaten/kota di Riau akan mendapatkannya.

“Kita memang berharap tahun depan akan lebih banyak lagi masyarakat di Riau mendapatkan rumah layak huni ini, bahkan hampir seluruh kabupaten/kota mendapatkannya. Diharapkan dengan adanya program rumah layak huni ini angka kemiskinan di Riau bisa dikurangi,” ungkapnya.

Menurut Azis, bila dibandingkan tahun lalu, jumlah rumah layak huni yang akan dibangun tahun depan ini jauh lebih banyak. Tahun lalu hanya dibangun sebanyak 800 unit saja. Tahun ini jumlahnya melebih dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Selain jumlahnya meningkat, anggaran untuk membangun masing-masing rumah layak uni juga mengalami peningkatan. Jika tahun lalu hanya dianggarkan masing-masing rumah sebesar Rp50 juta, namun tahun ini ditingkatkan menjadi Rp60 juta.

Ditingkatkannya jumlah anggaran untuk membangun masing-masing rumah layak huni itu, menurut Azis Zainal disebabkan dana sebesar Rp50 juta itu sudah tidak memadai lagi untuk membangunnya. “Kalau dipaksakan, rumahnya bisa tidak dilengkapi loteng dan listrik,” jelasnya.

Karena itulah, kata dia lagi, anggarannya jadi ditingkatkan menjadi Rp60 juta per unit, agar rumah layak huni yang akan dibangun benar-benar bisa dihuni dengan nyaman karena sudah dilengkapi loteng dan listrik penerang.

Untuk mendapatkan rumah layak huni ini, syaratnya tidfak terlalu sudah. Syaratnya, masyarakat harus punya tanah sendiri. Tanah tersebut tidak harus dilengkapi sertifikat, cukup hanya surat keterangan hak milik dari camat setempat.(ad)

Posting Terkait