DPD Gerindra Pertanyakan SK DPC Gerindra Meranti

864 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Ketua DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Riau, H Nasrun mempertanyakan status dan keberadaan SK DPC Gerindra Kabupaten Kepulauan Meranti yang dikeluarkan DPP. Menurut H Nasrun, SK yang menunjuk Taufikurrahman sebagai Ketua DPC Gerindra Meranti itu, jelas-jelas mengangkangi keberadaan DPD Partai Gerindra Provinsi Riau yang dipimpinnya.

Bahkan, H Nasrun akan mempertanyakan langsung ke DPP atas keluarnya SK tersebut. “Yang kami ajukan lain, dan yang dikeluarkan DPP lain. Ini yang kami pertanyakan. Pasalnya, kami selaku DPD Gerindra Riau merasa dikanngakangi DPC Gerindra Meranti, karena tidak ada konsultasi dan rekomendasi dari kami,” kata H Nasrun kepada wartawan melalui selularnya, akhir pekan lalu.

Menurut H Nasrun, akibat dari kejadian tersebut, ia tidak akan bersedia melantik DPC Gerindra Meranti, sampai masalah tersebut benar-benar sudah clear (jelas duduk persoalanya). Nasrun yang juga merupakan sahabat dekat Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto menerangkan, dari 11 DPC yang ada di Provinsi Riau (di luar Kepulauan Meranti, red), semua SK DPC dikeluarkan melalui mekanisme yang ada. Artinya, SK asli yang diberikan DPP disimpan oleh DPP, sementara DPC hanya memegang fotokopinya saja.

Hal ini, lanjutnya memang hingga tahun 2013, DPP Gerindra, dan juga sesuai dengan arahan dari Ketua Dewan Pembina, Prabowo tidak akan melakukan Kongres, Musda/ Muswil, atau Muscab bahkan hingga ke tingkat ranting.

“Semuanya tetap menggunakan pola komando dan penunjukan langsung oleh DPP. SK yang dikeluarkan DPP untuk DPC harus melalui usulan DPD Provinsi dan selanjutnya baru DPD Provinsi memberikan salinan SK tersebut ke DPC. Bukan seperti yang terjadi saat ini di DPC Meranti. Saat ini saja, Kuansing yang akan menggantikan posisi ketuanya juga melalui mekanisme DPD untuk diusulkan ke DPP. Jadi ini yang kami pertanyakan. Jika memang niatnya baik, tentu kami merestuinya, dan bisa kami usulkan yang baru,” jelas Nasrun.

Untuk diketahui, sebelumnya H Nasrun suda mengusulkan komposisi nama kepengurusan DPC Gerindra kepada DPP dengan posisi ketua dijabat oleh Herman, sementara Taufikurrahman hanya sebagai Wakil Ketua I. Sementara, sejak tiga bulan diusulkan kepada DPP, SK tersebut tidak juga keluar, namun belakangan DPP justru mengeluarkan SK untuk DPC Meranti dengan posisi ketua dijabat oleh Taufiukurrahman.

Sementara Taufuikurrahman ketika dikonformasi atas hal tersebut enggan berbicara banyak. Menurutnya, amanah yang diberikan kepadanya akan dijaga dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga jika sudah ada waktu yang tepat, proses pelantikan akan dilakukan oleh DPP melalui DPD.(ad/rls)

Posting Terkait